BeritaAl Syukro UniversalResmi beroperasi, Gedung Pusat Sumber Belajar di Al Syukro (2)

Resmi beroperasi, Gedung Pusat Sumber Belajar di Al Syukro (2)

   Di era globalisasi ini, Indonesia dituntut untuk memiliki dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Pendidikan yang bermutu merupakan prasyarat adanya SDM yang berkualitas. Pembangunan pendidikan sebagaimana yang telah dicantumkan dalam Program Pembangunan Nasional terus diselenggarakan secara berkelanjutan.
  Demikian disampaikan oleh Ibu Hajjah N Fitriyani Rinasari SH, MM selaku Pembantu Pimpinan pada Subdit Sarana dan Prasarana Direktorat Pembinaan Pendidikan Dasar Ditjen Dikdasmen (sekaligus orang tua dari siswi kelas VI-B SD Islam Al Syukro yakni Yufita Ria Oktiani) saat meresmikan pengoperasian Gedung Pusat Sumber Belajar yang didalamnya terdapat Perpustakaan Digital milik Sekolah Islam Al Syukro, pada Jum’at (11 Februari 2011).
   Menurut Ibu Fitriyani, pembinaan budaya membaca dan belajar sepanjang hayat harus dimulai sejak anak usia SD. Hal ini dapat dilakukan melalui pendirian dan pengelolaan perpustakaan SD.
   “Perpustakaan SD merupakan wahana pendidikan, informasi, penelitian, pelestarian, dan rekreasi bagi warga sekolah khususnya siswa SD. Menyadari pentingnya perpustakaan SD maka pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional berupaya terus-menerus untuk meningkatkan jumlah perpustakaan SD,” ujarnya.
   Apabila manajemen perpustakaan SD itu baik dan rapi, kata Ibu Fitriyani lagi, maka perpustakaan SD akan dapat meningkatkan minat atau kegemaran membaca, memperluas wawasan dan pengetahuan siswanya. “Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional memberikan bantuan ruang perpustakaan sebanyak 300 SD/Madrasah Ibtidaiyah di 33 propinsi yang ada di seluruh Indonesia untuk tahun 2009, melalui dana pusat. Dari 300 SD/MI yang menerima bantuan tersebut, salah satunya adalah SD Islam Al Syukro ini,” tuturnya disambut riuh tepuk tangan dari seluruh yang hadir.
   Akhirnya, Ibu Fitriyani---yang secara formal meresmikan mengoperasikan Gedung PSB ini---berharap agar dengan adanya Gedung PSB di Sekolah Islam Al Syukro, dapat memberikan manfaat untuk mencerdaskan bangsa yang berkualitas.
  “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya menyatakan Gedung PSB di Sekolah Islam Al Syukro dibuka secara resmi,” tegasnya sembari diiringi tepuk tangan dan ucapan syukur kepada Allah SWT dari para hadirin.
  Selain peresmian pengoperasian Gedung PSB dan Perpustakaan Digital ini, turut dilaksanakan seminar bertema ‘Pembelajaran Berbasis Information and Technology (IT)’ yang menampilkan pembicara tunggal dari Lembaga Pengembangan Insani (LPI) Dompet Dhuafa Republika yaitu Ibu Sri Nurhidayah.
Acara lain yang juga ditunggu-tunggu oleh seluruh hadirin adalah pengumuman dan penyerahan penghargaan kepada guru dan karyawan berprestasi untuk periode tahun 2010.  (fdl)