Agenda PSBAgenda PSB

Saat ini tema tentang pendidikan karakter sedang mengemuka, bahkan menjadi salah satu kebijakan penting Kementrian Pendidikan Nasional. Pendidikan karakter dimaksud ialah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Pendidikan karakter dimaksudkan supaya peserta didik memiliki karakter mulia. 

{yuizoom SMP/guru/smp_fauzan_thumb.jpg|SMP/guru/smp_fauzan.jpg|M. Fauzan Budi C, S.T|Kepala Sekolah}

Menurut Bapak Fauzan Budicahyono, ST, selaku kepala SMP Islam Al Syukro Universal, pendidikan kartakter sesungguhnya sudah dan terus dilaksanakan di sekolah ini, terlepas istilah pendidikan karakter itu muncul atau tidak. "Pendidikan Karakter itu memang ruhnya pendidikan, terlepas itu diistilahkan atau tidak" katanya. "Semua kegiatan di SMP Islam Al Syukro Universal bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kepada siswa, agar mereka berkarakter mulia", tambahnya.

Selain melalui kegiatan mata pelajaran, penanaman nilai-nilai dilaksanakan di SMP Islam Al Syukro Universal melalui berbagai kegiatan yang ada di sekolah. Seperti ditulis di website www.alsyukrouniversal.com, beberapa kegiatan siswa yang dilaksanakan ialah:

  1. Apel Pagi 
    Kegiatan ini bertujuan untuk mengkondisikan siswa siap belajar.  Selain itu juga bisa digunakan untuk mengecek kelengkapan atribut siswa dan pemberian informasi penting dan tausiyah dari  para gurunya. Untuk para siswa dengan adanya apel ini juga melatih keberanian sebagai pemimpin dan kedisplinan.
  2. Tadarusan 
    Untuk menguatkan/menjaga penguasaan hafalan Al Quran maka tiap hari diadakan tadarusan semua siswa. Kegiatan ini biasanya dikoordinir oleh koordinator agama maupun guru Qur’an SMP Alsyukro.
  3. Duha bersama 
    Setiap hari sebelum istirahat pagi, para siswa dibiasakan untuk melaksanakan sholat dhuha. Sehingga dari kegiatan ini diharapkan siswa terbiasa untuk selalu sholat dhuha di rumah masing-masing.
  4. Sholat Dzuhur dan Ashar berjamaah.
    Pada saat dhuhur dan ashar para siswa, guru dan karyawan melakukan sholat berjamaah. Para guru selalu mengecek mulai dari cara berwudhu hingga gerakan sholatnya. Kegiatan sholat berjamaah ini diakhiri dengan dzikir/doa bersama dan kultum dari para siswa (bergilir). 
  5. Upacara bendera
    Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk nasionalisme para siswa hingga melatih kedisiplinan mereka. Petugas upacara bendera ini bergiliran dari siswa kelas 7 hingga kelas 9. Sehingga diharapkan para siswa lulusan SMP Alsyukro ini punya pengalamann menjadi petugas upacara bendera b. Dzikir bersama. Di minggu terakhir tiap bulan, para siswa dan guru melakukan dzikir bersama di mushola. Dengan dipimpin oleh koordinator agama, kegiatan ini bertujuan untuk melatih para siswa  agar selalu bersikap religius. 
  6. Ekstra kurikuler
    Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan para siswa berdasar minat dan bakat masing-masing. Dengan dilatih oleh instruktur yang berpengalaman diharapkan para peserta ekskul yang mencapai prestasi yang terbaik. 
  7. Pembiasaan English conversation
    Setiap hari selasa minggu pertama dan ketiga para siswa juga dilatih untuk mempunyai kemampuan bahasa inggris yang baik. Dengan didukung oleh native speaker dari australia diharapkan para siswa dapat dengan mudah berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris. 
  8. Pembiasaan berkebun/gardening
    Setiap hari selasa minggu kedua dan keempat siswa dilatih untuk mengoptimalkan lahan yang masih luas di SMP Alsyukro. Kegiatan ini diantaranya dengan menanam, menyirami dan pada ahirnya memetik hasil sayuran/tanaman  yang ditanam. Setiap level kelas mempunyai area tersendiri untuk bertanam.
  9. Sholat Jum’at
    Tiap jum’at para siswa dan guru melakukan sholat jum’at berjamaah di sekolah. Hal ini bertujuan untuk melatih para siswa berani menjadi muadzin dan kedisiplinan dan kekhusukan sholat jum’at berjamaah.

Semua kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai mulia kepada anak didik, sehingga mereka diharapkan menjadi pribadi yang disiplin, jujur, taat beribadah dekat dengan Tuhan, mencintai alam, mencintai negerinya, mempunyai motivasi berprestasi, bertanggung jawab.

Go to top