Gardening adalah salah satu program pembiasaan yang ada di SD Islam Al Syukro Universal Ciputat – Tangerang Selatan. Program Pembiasaan sendiri adalah kegiatan yang bertujuan sebagai penguatan terhadap materi-materi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang sudah diberikan di kelas.

Gardening dipilih sebagai salah satu program pembiasaan mengingat luasnya lahan yang ada di lingkungan SD Islam Al Syukro Universal Ciputat - Tangsel. Areal seluas kurang lebih 3 hektar memang menjadi salah satu kelebihan SD Islam Al Syukro dibandingkan sekolah lain yang ada di Tangerang Selatan. Selain sejuk, nyaman dan asri, lahan yang ada juga bisa dimanfaatkan praktik berkebun oleh para siswa atau Gardening.

Kegiatan Gardening dilaksanakan dua kali sebulan dengan jadwal sebagai berikut:

  • Siswa Level 1 – 3 setiap hari Rabu Minggu I dan III
  • Siswa Level 4 – 6 setiap hari Jum’at Minggu I dan III

Dalam program Gardening, para siswa melakukan praktik berkebun mulai dari menanam, menyiram tanaman, memanen hingga memasarkan hasil panenan. Menurut Mrs. Rusmaryana atau yang biasa disapa Mrs. Aan, selain praktik para siswa juga diajak menonton video yang berkaitan dengan tanam-tanaman.

“Untuk siswa level 1 – 3 ditambah juga dengan kegiatan mewarnai gambar tanaman,” tutur Mrs. Aan, Koordinator Gardening

Adapun jenis tanaman yang ditanam antara lain sayur mayor seperti kangkung, bayam, sawi, terung, oyong, kacang panjang, timun, cabai, juga jagung dan kacang tanah.

Setelah memanen, siswa kemudian menjual atau memasarkan hasil panenan itu baik kepada para guru dan karyawan atau kepada orang tua siswa yang ada di lingkungan Perguruan Islam Al Syukro Universal Ciputat – Tangerang Selatan. Uang hasil penjualan itu kemudian dikumpulkan dan dipergunakan untuk pembelian bibit dan pupuk. (MB)

Untuk Informasi terkait Al Syukro, bisa langsung CHAT via WhatsApp dengan bagian Call Center kami

  • Senin - Jum'at, Pukul 07.45 s.d 15.30 WIB
  • Sabtu, Pukul 08.00 s.d 13.30 WIB

Silakan klik tombol dibawah ini. Terima kasih