BeritaElementary (SD)Final Kompetisi Matematika PASIAD ke-6: Lima Siswa SDI Al Syukro Sudah Siap

Final Kompetisi Matematika PASIAD ke-6: Lima Siswa SDI Al Syukro Sudah Siap

  Kembali, siswa-siswi SD dan SMP Islam Al Syukro membuktikan prestasinya. Pada ajang KOMPETISI MATEMATIKA PASIAD (KMP) se-INDONESIA ke-6, sejumlah siswa-siswi berhasil lulus dari babak penyisihan untuk melaju lagi di babak final.
  PASIAD sendiri merupakan kependekan dari PACIFIC COUNTRIES SOCIAL AND ECONOMIC SOLIDARITY ASSOCIATION.
  KMP ke-6 ini diselenggarakan di Sekolah (Indonesia-Turki) ’Kharisma Bangsa’ di Pondok Cabe, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, pada Sabtu, 5 Desember 2009 (untuk tingkat SD kelas V dan VI pada pukul 08.00 wib) dan (untuk tingkat SMP kelas IX pada pukul 10.30 wib).
  Menurut Ibu Tarni SPd selaku Wakil Kepala SD Islam Al Syukro bidang Kurikulum, ada lima siswa SD Islam Al Syukro yang lolos ke babak final. Mereka adalah Seno Wahyu Santoso (kelas VI A), Faris Yudza Ghafari (VI B), Maya Alifia Putri (VI B), Adylan Roaffa Ilmi (VI B) dan Hidayatul Fikri (V B).
  “Alhamdulillah, kami bangga karena mereka berhasil tembus ke babak final yang akan diselenggarakan di tempat yang sama, pada hari Sabtu, 20 Februari 2010 nanti. Padahal, ini kompetisi dengan level ‘Olimpiade’ dan persiapan kami untuk KMP ke-6 ini hanya singkat saja dari segi waktu,” ujar Ibu Tarni.

  Sementara itu, ketika dimintakan komentarnya, salah seorang siswa SD Islam Al Syukro kelas V B, yakni Hidayatul Fikri mengatakan, saat mengikuti KMP ke-6 dirinya memang sudah mempersiapkan diri dengan lebih banyak lagi mengerjakan beraneka ragam soal-soal Matematika.
  “Jadi, saat mengerjakan 50 soal di KMP itu, saya nikmati saja dalam mengerjakan soal-soalnya. Apalagi, saya memang paling suka dengan mata pelajaran Matematika dan Sains,” tutur Fikri, sapaan akrabnya. Sebagai catatan, Fikri juga pernah meraih prestasi pada Olimpiade Sains KUARK (Nasional) pada tahun lalu, dimana ia berhasil lolos babak penyisihan dan kualifikasi, untuk kemudian menjadi salah seorang finalis.
  Sedangkan Maya Alifia Putri, siswi SD Islam Al Syukro kelas VI B yang juga berhasil masuk ke babak final pada KMP ke-6 ini mengatakan, dirinya cukup kesulitan saat mengerjakan soal-soal Matematika khususnya pada materi mengenai 'Bilangan Pecahan' dan 'Prosentase'. ”Soal-soalnya cukup sulit, apalagi kalau untuk bisa mencapai nilai tertinggi atau 200 dari 50 soal yang diujikan. Tapi saya bangga bisa masuk ke babak final,” jelas Fia, panggilan sehari-harinya.
  Yang pasti, menurut Ibu Tarni, prestasi yang telah diraih oleh para siswa-siswi SD Islam Al Syukro ini sangat menggembirakan.
  ”Apalagi, siswa yang lolos ke babak final KMP ke-5 ini cukup banyak dibandingkan saat pelaksanaan KMP tahun-tahun sebelumnya. Terlebih lagi, soal-soal Matematika yang diajukan adalah sangat sulit, karena bertaraf Olympic atau Olimpiade dan ada hadiah total Rp 51 juta juga bea siswa pendidikan bagi para pemenang nasional. Maklum, KMP ke-6 ini diikuti oleh 60 ribu siswa SD dan SMP di seluruh propinsi se-Indonesia,” ujar Ibu Tarni dengan mimik wajah sumringah. (fdl)