Agenda PSBAgenda PSB

        Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) bagi seluruh siswa kelas VI SD Islam Al Syukro, dilangsungkan di Lantai III Gedung SD-SMP Islam Al Syukro, Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Terdiri dari empat ruang kelas, para siswa nampak khusyuk dengan tanpa menunjukkan raut wajah tegang, saat menyelesaikan seluruh soal UASBN untuk bidang studi Bahasa Indonesia (Selasa, 4 Mei 2010). Dua orang pengawas yang merupakan guru-guru dari pihak sekolah lain, nampak duduk di muka kelas, sembari memperhatikan seluruh gerak-gerik para siswa dalam mengerjakan soal demi soal di lembar jawaban masing-masing.
        “Alhamdulillah, SD Islam Al Syukro sudah mempersiapkan pelaksanaan UASBN SD ini sejak jauh-jauh hari. Tidak hanya persiapan yang menyangkut materi pendalaman soal atas bidang studi yang diujikan, tapi juga, empat ruang kelas untuk pelaksanaan UASBN pun sudah kami persiapkan secara seksama,” ujar Kepala SD-SMP Islam Al Syukro, Bapak Supangat Rohani MA.
        Menurut Pak Supangat, SD Islam Al Syukro menerima secara terbuka kehadiran delapan guru pengawas UASBN dari luar sekolah, atau dari sekolah-sekolah di lingkungan sekitar Sekolah Islam Al Syukro.
        “Pelaksanaan UASBN SD ini memang tanpa ada pengawas independen seperti saat pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UAN) SMP beberapa waktu lalu. Kali ini, para pengawasnya hanya para guru-guru dari pihak sekolah lain, yang ada di sekitar lingkungan Sekolah Islam Al Syukro, misalnya dari SDN VII Ciputat dan lainnya. Tiap satu ruang kelas ujian, diawasi langsung secara ketat oleh dua orang guru,” terang Pak Supangat.
        Dengan sistem rolling and crossing para guru pengawas UASBN antar SD ini, kata Pak Supangat, dari pihak SD Islam Al Syukro pun turut ‘menugaskan’ sebanyak delapan gurunya untuk menjadi pengawas UASBN di sekolah-sekolah lain.
        Selain itu, kata Pak Supangat, seperti biasa, acapkali usai pelaksanaan UASBN per bidang studi, maka dilakukan meeting secara terpadu, antara pihak SD Islam Al Syukro dengan para pengawas. Berbagai hal didiskusikan dalam meeting yang bersifat penilaian sementara atas berjalannya pelaksanaan UASBN per bidang studi di SD Islam Al Syukro, berikut evaluasi pelaksanaannya. UASBN SD ini berlangsung pada tanggal 4 hingga 6 Mei 2010. (fdl)

Go to top