Agar Anak tidak Stres Menghadapi Ujian Sekolah

Oleh Hiznu Sobar*

Ujian merupakan salah satu alat untuk mengukur suatu kemampuan. Dalam hal apapun, ujian diperlukan untuk menguji hasil suatu proses, termasuk dalam kegiatan belajar. Namun, masalah yang sering dihadapi bukanlah persoalan ujian itu sendiri, melainkan sikap seseorang dalam menghadapi ujian yang dihadapinya. Ada yang tenang, namun tidak sedikit orang menjadi stres saat menghadapinya.

Ayah bunda, tidak sedikit anak menjalani ujian sekolah mengalami kesuksesan bukan semata karena ia mampu menjawab soal-soal yang diberikan. Namun, apakah ia siap atau tidak secara fisik dan mental yang ia persiapkan dengan baik, menjadi faktor kunci keberhasilannya.

Beberapa tips menghadapi ujian sekolah berikut ini, bisa kita lakukan dalam membantu ananda menghadapi ujian : Pertama, ajaklah ananda bicara tentang pentingnya meluruskan niat saat akan mengikuti ujian. Ajarkan ananda untuk meniatkan ujiannya tulus karena Allah SWT, bukan yang lain. Karena niat yang terpatri dalam hati akan menentukan arah amal perbuatan kita, sebagaimana Rasulullah SAW menyampaikan, “Sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung pada niatnya…” (HR. Bukhari Muslim). Kuatkan tekadnya, bahwa ujian dilakukan sebagai bagian dari pembelajaran. Bukan sebaliknya, belajar karena ada ujian. Dan ujian sekolah bukanlah segalanya, ujian yang hakiki adalah menghadapi kehidupan yang lebih luas dengan sebaik-baiknya.

Kedua, ajaklah ananda untuk rajin melakukan salat lima waktu dan memohon pertolongan Allah SWT karena akan mengikuti ujian sekolah. Allah SWT berfirman, “Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat…” (QS. Albaqarah [2]: 45). Dengan demikian, ia tidak akan merasa sendiri. Ananda akan merasa dekat dengan Allah kapan pun dan di mana pun, termasuk saat ia sedang melaksanakan ujian.

 

Ketiga, ajaklah ananda untuk tetap tenang saat ujian. Memulai dengan membaca basmallah dan mengakhiri ujian dengan mengucap hamdalah. Ketenangan akan didapat saat ananda mampu mempersiapkan ujiannya dengan baik, termasuk perlengkapan ujian yang akan ia bawa ke sekolah. Ketenangan inilah kemudian kita sebut sebagai karakter tawakal kepada Allah SWT. Dengan tawakal, apapun hasil yang didapat ia akan terima dengan baik dan ia akan terhindar dari rasa stress (tekanan) fisik maupun mental, sekalipun hasilnya masih jauh dari harapan.

Semoga tips sederhana di atas bermanfaat untuk Ayah, Bunda, dan Ananda. Selamat menempuh ujian sekolah dengan baik dan semoga sukses selalu menyertai kita semua. Amin. Wallahu a’lam

 

*Kepala SMP Islam Al Syukro Universal Tangerang Selatan

Untuk Informasi terkait Al Syukro, bisa langsung CHAT via WhatsApp dengan bagian Call Center kami

  • Senin - Jum'at, Pukul 07.45 s.d 15.30 WIB
  • Sabtu, Pukul 08.00 s.d 13.30 WIB

Silakan klik tombol dibawah ini. Terima kasih