SMP Islam AlSyukro menggelar pelatihan dan lomba jurnalistik, 9-10 November 2010 di Aula Sekolah. Kegiatan ini didukung oleh pengurus Persatuan Orang Tua Siswa (POS), dengan tema "CIPTAKAN GENERASI MUDA KREATIF MELALUI PELATIHAN & PERLOMBAAN JURNALISTIK".
   “Nantinya, insya Allah, siswa akan mendapatkan materi pelatihan dalam bidang JURNALISTIK dan kemudian siswa ‘ditantang’ untuk menuangkannya dalam bentuk penerbitan media. Bentuknya bisa berupa Buletin atau Blog Internet. Dengan media pilihan yang  mereka buat dan kreasikan sendiri, lengkap dengan susunan pengurus seperti Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, Reporter dan lainnya, maka insya Allah para siswa akan dapat memiliki wadah guna menuangkan hobinya menulis dan menggambar ilustrasi secara lebih kreatif lagi,” papar Ketua POS dan pembicara di sela-sela break saat Pelatihan Jurnalistik hari pertama.
   Sekaligus puka, kata Ibu Dewi, dengan adanya media milik para siswa itu, maka akan membuat kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Islam Al Syukro semakin maksimal, tak hanya organisasi, tapi juga kegiatan dan kreatifitasnya. “Adapun untuk pelaksana Editor dari Buletin atau Blog Internet para siswa ini, nantinya adalah para guru dan juga pengurus POS SMP Islam Al Syukro lainnya yang ditunjuk,” ujarnya.
   Menurut Ibu Dewi lagi, kelemahan umum setiap anak-anak dalam menulis adalah untuk urusan menuangkan pikiran dan gagasan, menemukan ide, memilih tema atau topik tulisan, dan merunutkan kalimat demi kalimat sehingga terstruktur rapi.
   “Disinilah maksud dan tujuan SMP Islam Al Syukro mengapa menyelenggarakan Pelatihan & Perlombaan Jurnalistik ini adalah karena ingin memberi guidances kepada para siswa agar dapat menuangkan gagasan dan ide melalui tulisan. Kami ingin memotivasi mereka untuk gemar dan hebat dalam menulis. Mereka harus yakin bahwa setiap orang sebenarnya bisa menulis, hanya saja perlu dilatih, dikembangkan logika dan cara berpikir mereka,” tuturnya lagi.
   Dengan duduk berlesehan, pelaksanaan kegiatan ini terbilang serius, namun tetap para siswa nampak rileks dan enjoy dalam menyimak setiap materi yang disampaikan. Acara ini dibuka secara resmi oleh Bapak Drs Dedi Supriadi MPd selaku Deputi Kepala SD dan SMP Islam Al Syukro. (fdl)