BeritaJunior High (SMP)RAMADHAN CERIA: Lomba Cerdas Cermat Ceria (2)

RAMADHAN CERIA: Lomba Cerdas Cermat Ceria (2)

   Para siswa peserta lomba ‘Cerdas Cermat Ceria’ ini terbagi menjadi lima kelompok. Masing-masing kelompok menerima pertanyaan yang beragam, mulai dari soal-soal pengetahuan keagamaan, pengetahuan kebangsaan, dan pengetahuan umum. Seru sekali menyaksikan para siswa berpikir keras dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
  Begitulah sekilas suasana pelaksanaan lomba ‘Cerdas Cermat Ceria’ yang menjadi salah satu bahagian dari keseluruhan Acara RAMADHAN CERIA : Training Character Building bertema ‘Penuh Cinta dan Berbagi Bahagia’, yang diselenggarakan pada Jum’at, 13 Agustus 2010 di Hall Student Center Al Syukro.
   RAMADHAN CERIA--yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII dan IX SMP Islam Al Syukro--ini, merupakan kerjasama antara pihak SMP Islam Al Syukro dengan FK2I atau Forum Komunikasi dan Kajian Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta.
   “Pada Lomba ‘Cerdas Cermat Ceria’, para siswa ditanyakan soal-soal seputar masalah keagamaan, kebangsaan, dan pengetahuan umum. Yang berhasil melaju ke babak kedua, akan menerima soal seputar tebak gambar. Dan, di babak ketiga, soal-soalnya berbentuk essay,” tutur Eddy Najmuddien---mahasiswa semester VII Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) jurusan PAI UIN Syarif Hidayatullah selaku Master of Ceremony.
   Sementara itu, menurut Ketua Umum FK2I, Asep Eka Mulyanudin, lomba cerdas-cermat ini sengaja dibuat se-fresh dan se-fun mungkin, sebelum para siswa memasuki session materi yang sangat utama dan diutamakan yakni mengenai ‘Pembentukan Character Building’.
   Usai lomba ‘Cerdas Cermat Ceria’, dilanjutkan dengan melaksanakan sholat Jum’at berjamaah, untuk kemudian masuk kepada pemberian materi yang sangat special yaitu ‘Pembentukan Character Building’ dan Muhasabah.
   Di dalam Muhasabah, terdapat bimbingan dan training yang bertujuan memotivasi dan menyadarkan para siswa untuk senang dan gemar membantu orang lain yang membutuhkan bantuan dan pertolongan. Acara RAMADHAN CERIA ini ditutup dengan kultum dan buka puasa bersama, serta shalat Maghrib berjamaah. (fdl)