BeritaJunior High (SMP)Kegiatan Kontingen Pramuka Kota Tangsel Menuju JAMNAS IX 2011 (4)

Kegiatan Kontingen Pramuka Kota Tangsel Menuju JAMNAS IX 2011 (4)

    JAMBORE NASIONAL (JAMNAS) IX  2011 Pramuka Penggalang se-Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 2 – 9 Juli 2011 di Bumi Perkemahan (Buper) Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Propinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dan Buper Cadika Kota Palembang sebagai Sub Camp-nya.
    Dua orang siswi SMP Islam Al Syukro (Pramuka Gugus Depan “Oskar Surjaatmadja”) yakni Amalia Zulfa Salsabila dan Maulia Adrianti Detrinarib (masing-masing dari kelas VIII-B), terpilih untuk bergabung bersama kontingen Pramuka Penggalang yang mewakili Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tangerang Selatan (Tangsel).
    Rombongan kontingen ini berjumlah 32 orang (16 putra dan 16 putri), dan berasal dari siswa-siswi SMP/MTs terpilihan yang ada di wilayah Kota Tangsel.
    Dalam rangka persiapan menuju JAMNAS IX 2011 inilah, tak berlebihan kiranya apabila Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tangerang Selatan (Tangsel) semakin intensif untuk mempersiapkan pengiriman duta-duta Pramuka Penggalangnya.
    Berdasarkan jadwal kegiatan Peserta JAMNAS IX 2011 Kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tangsel, langkah-langkah persiapan tersebut diawali dengan melakukan seleksi calon peserta JAMNAS (Januari 2011); pertemuan dengan orangtua calon peserta, Ketua Gudep, Ketua Kwartir Ranting dengan Panitia Kontingen Cabang, dan Pelatihan Dasar tahap I---pemeriksaan kesehatan, kelengkapan administrasi, penjelasan juklak tahap I, pembagian regu, pemilihan ketua regu, pelatihan PBB dasar, tali-temali---(Februari 2011); dan Pelatihan Dasar tahap II---penjelasan juklak dan juknis, pembagian kerja dan kegiatan rotasi regu, pembekalan materi, praktik korve tenda, pendataan kelengkapan peserta, pengukuran seragam, praktik packing perlengkapan, dan seni budaya serta keterampilan---(Maret 2011).
    Sementara Pelatihan Dasar tahap III (April dan Mei 2011) meliputi pemeriksaan kelengkapan, simulasi kegiatan jambore tahap I, pembekalan materi tahap II, praktik kegiatan kemah dan segala keperluannya, serta simulasi kegiatan jambore tahap II berikut evaluasinya.
    Para calon peserta atau kontingen dari Kota Tangsel ini juga akan menjalani masa karantina di Kwarcab Kota Tangsel (di Pulo Situ Gintung) pada tanggal 23 dan 24 Juni 2011.
    Selanjutnya, pada 24 Juni itu juga, Walikota Tangsel pertama yakni Ibu Airin Rachmi Diany akan melepas secara resmi rombongan kontingen Pramuka Kota Tangsel ini.
    Pada tanggal 25-27 Juni 2011, rombongan kontingen akan menjalani masa karantina lagi di Kwartir Daerah Banten (di Kota Serang). Selanjutnya, mereka juga akan menjalani agenda pelepasan oleh Gubernur Banten, Ibu Ratu Atut Chosiyah pada 27 Juni di halaman Kantor Gubernur Banten, untuk kemudian langsung melakukan perjalanan darat selama tiga hari perjalanan menuju Sumsel (27-29 Juni 2011), dan insya Allah tiba di lokasi JAMNAS pada 30 Juni 2011.  (fdl)