BeritaKindergarten (TK)KB-TK Islam Al Syukro (1): Tema September adalah "Aku Senang Berpuasa ..."

KB-TK Islam Al Syukro (1): Tema September adalah "Aku Senang Berpuasa ..."

    Seperti biasa, tema pembelajaran di Kelompok Bermain (KB)-Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Al Syukro – Otista, Ciputat, senantiasa berubah tiap-tiap bulannya. Pada September ini, sehubungan dengan bertepatan jatuh pada bulan suci Ramadhan 1430 H, acuan tema pembelajaran yang ditetapkan adalah “Aku Senang Berpuasa, Kepandaian dari Allah SWT”.
    Menurut lembar panduan pembelajaran disebutkan, bulan puasa adalah bulan yang penuh maghfirah dan ampunan, sehingga kehadirannya selalu disambut dengan suka cita oleh seluruh umat Islam sedunia. Pada bulan puasa ini, para siswa akan belajar tentang segala sesuatu amalan yang biasa dilakukan saat Ramadhan. Misalnya, pengertian puasa itu sendiri, tujuan/hikmah puasa, syarat wajib puasa, rukun puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, sunnah puasa dan lainnya.
     Selain itu, ada pula kegiatan penunjang pembelajaran selama September 2009 ini, yaitu Kegiatan Amaliah Ramadhan, Pengumpulan Zakat Infak Sedekah, Kunjungan ke Panti Asuhan, dan Menonton VCD Islami.
    Ada pula bacaan surat dan do’a pendek, semisal Do’a niat puasa, Do’a berbuka puasa, Niat shalat Dhuha, Niat shalat Idul Fitri dan masih banyak lagi.
    Tak lupa, diperkenalkan pula Lagu-Lagu bertema Ramadhan seperti lagu berjudul ‘Ramadhan Tiba’, ‘Ibadah Puasa’  dan ‘Sedekah’.  
    Sedangkan kosakata Bahasa Inggris yang diperkenalkan kepada anak-anak pun juga berkaitan dengan Ramadhan, seperti Fasting (Puasa), Predawn (Imsak), Fast month (Bulan puasa), Obligatoryalm (Zakat), Merit (Pahala), dan Charity (Sedekah).
Amal ke Panti Asuhan
     Selain kegiatan pembelajaran tadi, KB-TK Islam Al Syukro juga mengagendakan untuk beramal ke anak-anak yatim piatuyang ada di sekitar sekolah. Pengumpulan uang untuk pelaksanaan amal ini sudah dilakukan sejak 25 Agustus 2009 – hingga 9 September 2009. Kunjungan ke Panti Asuhannya, dijadwalkan akan dilaksanakan pada Kamis, 11 September 2009.     Dimana para siswa diminta untuk mengenakan baju muslim sekolah.
Sekedar informasi, Libur Hari Raya Idul Fitri 1430 H ditetapkan pada 14 – 25 September 2009. Dan, para siswa masuk kembali ke sekolah pada 28 September 2009 untuk berhalal bi halal. (fdl)