Pujian meluncur ke Sekolah Islam Al Syukro, yang telah menjadi bahagian dari kepanitiaan MANASIK HAJI CILIK atau PERAGAAN MANASIK IBADAH HAJI tingkat TAMAN KANAK-KANAK (TK) IGTKI – PGRI se-Kecamatan Ciputat, pada Sabtu, 6 November 2010. Betapa tidak, dalam menangani sebanyak 1.200-an siswa TK dari 42 sekolah TK yang ada di lingkungan kecamatan itu, Sekolah Islam Al Syukro berhasil menunjukkan profesionalisme dalam melaksanakan peragaan manasik ibadah haji. Tak hanya para guru yang senantiasa membimbing dengan baik, profesional dan sabar, tapi juga perangkat peraga seperti miniatur Ka’bah, Maqam Ibrahim dan Terowongan Mina yang teramat bagus dan unik telah tersedia dengan kokoh.
   Tak hanya itu, Sekolah Islam Al Syukro juga patut diacungi jempol, karena berhasil membuat pelaksanaan peragaan manasik ibadah haji ini sangat lancar, tertib, rapi, aman dan syahdu. Adapun tema dari kegiatan ini adalah ‘MENGENALKAN TATA CARA MANASIK HAJI DAN MEMOTIVASI ANAK SEJAK USIA DINI’.
   “Alhamdulillah, pelaksanaannya menjadi sangat tertib dan lancar, karena kami membuat garis batas bagi pengunjung, para orang tua dan pengantar-jemput siswa yang membentang hingga melintasi lapangan rumput, dengan jarak dari TK Islam Al Syukro hingga ke Gedung SD dan SMP Islam Al Syukro. Kami sangat ketat dalam hal ini, dan inilah salah satu kunci sukses kenapa agenda kegiatan peragaan manasik ibadah haji ini begitu tertib pelaksanaannya,” ujar Bapak Mastari SPdI, Guru Agama Islam SD Islam Al Syukro yang menjadi Koordinator Pelaksana Kegiatan Manasik Ibadah Haji di Sekolah Islam Al Syukro.
   Sebelum melakukan ‘thawaf’ di Ka’bah, seluruh 42 kloter siswa TK dikumpulkan di hall Gedung PDST Sekolah Islam Al Syukro. Luasnya kapasitas ruangan dalam ini, alhamdulillah sangat mampu untuk menampung sebegitu banyak siswa peserta yang didampingi oleh para guru pembimbing masing-masing.
   Masih di dalam hall, para peserta---yang sudah mengenakan pakaian ihram rapi---lebih dulu menyimak penyampaian sambutan oleh Ketua IGTKI Kecamatan Ciputat sekaligus Ketua Panitia Pelaksana kegiatan yakni Ibu Isnunarti (yang juga Kepala KB-TK Islam Al Syukro-Otista, Ciputat). Sedangkan selaku ‘tuan rumah’, sambutan disampaikan oleh Kepala Cabang YAWADA’I Ciputat yakni Bapak Drs H Abdurrahim Thabrani MPd.
   Selepas itu, barulah kloter demi kloter ‘diberangkatkan’ menuju lapangan hijau Sekolah Islam Al Syukro, tempat dimana telah disediakannya urut-urutan peragaan manasik ibadah haji, mulai dari memasuki Terowongan Mina, Melontar Tiga Jumroh, Thawaf di Ka’bah, Melakukan Sa’i, Bertahallul, dan Meminum Air Zam-Zam. (fdl)