BeritaKindergarten (TK)Ada tiga "Sentra" baru di TK Islam Al Syukro, Otista - Ciputat

Ada tiga "Sentra" baru di TK Islam Al Syukro, Otista - Ciputat

  TK Islam Al Syukro, Otista – Ciputat patut bersyukur, karena ternyata, jumlah siswa didiknya pada tahun pembelajaran 2010/2011 ini bertambah secara signifikan.
   Menurut Ibu Isnunarti, selaku Kepala KB-TK Islam Al Syukro, Otista – Ciputat, pada tahun pembelajaran yang baru ini, pihaknya kini memiliki jumlah total siswa didik hingga sebanyak 90 orang.
   “Semuanya terbagi menjadi tiga kelompok untuk TK B, empat kelompok untuk TK A, dua kelompok untuk Kelompok Bermain (KB) Besar, dan satu kelompok lagi untuk Kelompok Bermain (KB) Kecil. Alhamdulillah, dari segi jumlah siswa didik, terdapat peningkatan yang cukup signifikan dan menggembirakan. Pada tahun pembelajaran yang baru ini, jumlah siswa kami ada 90 orang, atau naik 30 orang dari tahun pembelajaran sebelumnya yang berjumlah 60 orang,” tuturnya sembari menyebut bahwa tim kerjanya sendiri berjumlah 12 personil.
   Ibu Isnunarti menjelaskan, dalam banyak pandangan para orang tua siswa, mayoritas menyekolahkan putra-putrinya ke TK Islam Al Syukro, dikarenakan empat hal. “Pertama, metode dan sistem pembelajarannya yang mumpuni dan telah terbukti keunggulannya. Kedua, pelayanan dari para gurunya yang memang sangat baik. Ketiga, materi pembiasaan atau pembelajaran akhlak yang sangat dominan. Dan keempat, karena terdapat pendidikan untuk bagaimana melakukan shalat, termasuk tata cara makan-minum dan sebagainya, yang boleh dibilang, tidak semua TK memiliki pendidikan demikian,” terangnya.
Ditambahkannya, pada tahun pembelajaran yang baru ini, terdapat tiga ‘Sentra’ yang telah diselenggarakan, yaitu Sentra Musik, Sentra Olah Tubuh, dan Sentra Bahasa.
   “Untuk Sentra Musik dan Sentra Olah Tubuh adalah merupakan hasil ‘pemecahan’ dari sentra sebelumnya yaitu Sentra Seni dan Kreativitas. Adapun kegiatan rutin untuk pengenalan Bahasa Inggris di pagi hari, lebih difokuskan pelaksanaannya pada Sentra Bahasa,” jelas Ibu Isnunarti yang baru-baru ini terpilih sebagai salah seorang dari enam Guru dan Karyawan Berprestasi di lingkungan kerja Yayasan Wakaf Daar Asykaril ‘Ibaad (YAWADAI) dan Sekolah Islam Al Syukro untuk periode tahun pembelajaran 2009/2010.
   Dengan adanya tiga sentra baru ini, maka siswa didik akan semakin mendalami kegiatan dan bermain sesuai dengan tema sentra masing-masing. “Misalnya, pada Sentra Musik, siswa didik akan diperkenalkan beragam alat-alat musik sekaligus mempelajari bagaimana tata cara untuk memainkannya,” ujar Ibu Is, sapaan akrabnya ini.
   Dengan penambahan tiga sentra baru ini, maka di TK Islam Al Syukro, Otista – Ciputat, kini terdapat sembian sentra pembelajaran, yakni Sentra Olah Tubuh, Sentra Musik, Sentra Bahasa, Sentra Bahan Alam, Sentra Ibadah, Sentra Main Peran, Sentra Seni dan Kreativitas, Sentra Balok, dan Sentra Persiapan (untuk menuju ke jenjang Sekolah Dasar).
   Selain itu, Ibu Isnunarti mengatakan, sepanjang bulan Juli 2010 ini, tema pembelajaran untuk para siswa didik masih akan membahas mengenai “Pengenalan Lingkungan Sekolah”. (fdl)