Bertempat di ruang multimedia Sekolah Islam Al Syukro, sejumlah guru dan staf sekolah, pada Jum’at pagi, 3 Desember 2010 kemarin, nampak serius menyimak paparan materi pelatihan mengenai ‘STANDAR PELAYANAN’. Materi pelatihan ini disampaikan oleh pembicara yang sangat berkompeten dibidangnya yaitu Ibu Risti Reita, selaku mantan Senior Customer Service pada sebuah bank swasta nasional.
  Menurut Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan yakni Bapak Dian Trimulyawan S.Pd.I, kegiatan ini diselenggarakan demi menyambut dan mensukseskan masa-masa Penerimaan Siswa Baru (PSB) di Sekolah Islam Al Syukro. “Seiring dengan masa PSB, kami bertekad untuk memberikan pelayanan terbaik, Customer Satisfaction kepada seluruh calon orang tua dan wali siswa baru. Untuk itu, setiap gerak dan langkah yang menyangkut pelayanan atau service akan selalu kami perhatikan dengan seksama. Disinilah pentingnya pelaksanaan pelatihan PSB ini, karena disampaikan oleh profesional yang sudah teruji kapabilitas dan kemampuan profesionalismenya pada bidang Standard Service,” ujarnya.
   Masih menurut Pak Dian, tujuan pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali para petugas PSB Sekolah Islam Al Syukro agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik sesuai dengan prosedur-prosedur pelayanan yang disampaikan oleh penyampai materi.
   “Misalnya, ketika ada pertanyaan yang diajukan oleh para calon orang tua siswa, maka jawaban yang akan disampaikan adalah jelas, tepat dan ‘seragam’ meskipun para petugas piket pada PSB adalah berbeda-beda orangnya. Selain itu, kami akan menyatukan visi dan misi dalam memberikan pelayanan di masa PSB, termasuk menyatukan seluruh kekuatan mulai dari petugas PSB untuk KB, TK, SD dan SMP menjadi satu kesatuan tim kerja yang solid, kompak dan senantiasa memberikan layanan terbaik kepada siapa saja yang membutuhkannya,” urai guru bidang studi Bahasa Indonesia di SMP Islam Al Syukro ini.
Pentingnya Pelayanan
   Sementara itu, dalam paparan materinya, pembicara Ibu Risti Reita mengatakan bahwa pelayanan adalah sebuah paradigma dan komitmen dari perusahaan untuk memenuhi KEBUTUHAN, KEINGINAN dan HARAPAN pelanggan yang senantiasa berubah. “Mengapa layanan itu penting? Karena berkaitan dengan pesaing yang semakin banyak dan agresif; berkaitan pula dengan pelanggan yang semakin manja, semakin pintar, semakin puas atau kecewa; dan juga berkaitan dengan perusahaan karena ada continuous growth yakni sales and profit, dan juga pathfinding yakni mission, vission dan values,” urainya.
  Menurut Ibu Risti, ada tujuh standar pelayanan yang harus selalu diperhatikan yakni Senyum, Salam, Tanya Nama, Sebut Nama, Gali Kebutuhan, Konfirmasi, dan Terima Kasih. “Selain itu, dimensi kualitas pelayanan dapat meliputi sejumlah unsur yang biasa disingkat dengan RATER atau Responsiveness, Assurance, Tangibles, Empathy, dan Realiability,” ujarnya. (fdl)

Go to top