231012_haji_cilikKetika umat islam dari berbagai penjuru dunia berdatangan ke Baitulloh, Perguruan Islam Al Syukro Universal, juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan manasik haji TK-TK se kecamatan Ciputat Tangerang Selatan. Sabtu 20 Oktober 2012, Ikatan Guru TK (IGTK) kecamatan Ciputat menggelar peragaan manasik haji untuk siswa-siswi TK, yang diikuti lebih dari 50 TK. Dalam laporan ketua panitia, Ibu Isnunarti selaku ketua IGTK menyampaikan bahwa jumlah peserta yang ikut ialah 1.550 siswa TK.

Pagi hari cerah rombongan TK-TK berdatangan dengan membawa para siswa yang berbalut kain ihrom dan baju putih-putih lazimnya jama’ah haji. Setelah masing-masing "kloter" registrasi di meja panitia, peserta kemudian berkumpul di Aula SD, untuk mengikuti pembukaan dan seolah-olah berkumpul di Padang Arafah. Siswa TTK juga diperkenalkan dengan mabit (bermalam) serta sholat qosor Dzuhur dan Ashar.

Setelah melakukan ritual mabit, peserta kemudian mengikuti ritual miqot. Siswa diperagakan untuk mengumpulkan kerikil, yang akan digunakan untuk jumroh nantinya. Semua prosesi ibadah haji yang biasa dilakukan di tanah suci, satu persatu diperagakan dalam kegiatan ini, seperti masuk terowongan mina, sa’i, keliling ka’bah, jumroh, tahalul, dan ditutup dengan pengambilan air zamzam.

Peragaan manasik haji kali ini terbilang sangat sukses, karena selain cuaca yang sejuk, juga semakin teratur dari tahun ke tahun. Perguruan Islam Al Syukro Universal setiap tahun menjadi tuan rumah penyelenggaraan Manasik Haji TK-TK se-Ciputat. Selain karena areal yang memadai, juga karena kesigapan guru-guru TK dan SD, juga karena disupport sepenuhnya oleh semua pihak yang ada di Al Syukro Universal. (AM)