Taekwondo

sepak_bola

TAEKWONDO berasal dari Kore Selatan. Kata Taekwondo sendiri terbagi atas 3 arti yaitu : Tae = Kaki, Kwon = Tangan, Do = Cara. Jika digabungkan mempunyai arti filosofi ilmu bela diri kebajikan untuk menolong dan menghormati sesame mahluk Tuhan melalui jasmaninya ( tangan, kaki, tubuh, dan akalnya ) dan rohani ( pengendalian diri dan hubungan dengan Tuhan ) sebagai senjata bela dirinya dan menaklukkan lawannya.

Taekwondo artinya : Bagaimana menggunakan tangan dan kaki kita dengan cara yang benar untuk membentuk diri kita menjadi manusia yang tangguh, cerdas, dinamis, bermental positif dan kreatif.

Kelima elemen nutrisi kehidupan tersebut saat ini mutlak dibutuhkan oleh setiap umat manusia sepanjang jaman, apalagi sesuatu hal yang mutlak saat ini harus dimiliki setiap bangsa yang ingin menjadi bangsa yang maju dan kuat termasuk Indonesia.Tentunya perlu kesungguhan hati dan totalitas untuk mempelajari ilmu Taekwondo yang seutuhnya.Itulah sebabnya mengapa siswa/ i Al syukro Universal mengikuti ekskul tersebut, karena terdorong rasa ingin membantu kaum yang lemah.

Tujuan

Tujuan utama berlatih Taekwondo.Pada intinya berlatih Taekwondo adalah untuk belajar melawan rasa takutmu (bukan menghilangkan), karena justru rasa takut dapat mendorong potensi dirimu yang terpendam, dan juga belajar mengalahkan dirimu sendiri. Kedua hal itulah yang sebenarnya menjadi inti dari Taekwondo sendiri. Tiap orang pasti memiliki rasa takut..dan kita wajib menghormati rasa takut tersebut.

Sasaran

Taekwondo adalah salah salah satu cara untuk meningkatkan kedisiplinan, hal ini terbukti dari latihan yang tepat waktu, dan selalu konsentrasi dalam mendengarkan aba- aba dari sabeum (pelatih). Selain itu juga dalam Taekwondo kita juga diajari untuk melakukan gerakan yang telah ditentukan dan dilarang untuk coba- coba gerakan yang belum diajarkan hal ini disebabkan karena untuk meminimalkan resiko cedera.

Tiga Materi dalam Latihan

  1. Poomsae atau rangkaian jurus adalah rangkaian teknik gerakan dasar serangan dan pertahanan diri, yang dilakukan melawan lawan yang imajiner, dengan mengikuti diagram tertentu. Setiap diagram rangkaian gerakan poomse didasari oleh filosofi timur yang menggambarkan semangat dan cara pandang bangsa Korea.
  2. Kyukpa atau teknik pemecahan benda keras adalah latihan teknik dengan memakai sasaran/obyek benda mati, untuk mengukur kemampuan dan ketepatan tekniknya. Obyek sasaran yang biasanya dipakai antara lain papan kayu, batu bata, genting, dan lain-lain. Teknik tersebut dilakukan dengan tendangan, pukulan, sabetan, bahkan tusukan jari tangan.
  3. Kyoruki atau pertarungan adalah latihan yang mengaplikasikan teknik gerakan dasar atau poomse, dimana dua orang yang bertarung saling mempraktekkan teknik serangan dan teknik pertahanan diri.

Program

Untuk memaksimalkan siswa dalam berlatih Taekwondo maka dibuat program :

  1. Pendidikan dan Pelatihan.
    • Semester I dan II dilaksanakan pada hari Jum’at, pukul 13.00 – 14.00 wib di SDI Al Syukro Universal.
    • Sabtu, pukul 08.00 – 11.00 wib di SDI Al Syukro Universal sebagai tambahan 
  2. Kenaikan tingkat
    • Setiap 4 bulan sekali siswa akan menempuh ujian kenaikan tingkat, dengan tes ujian fisik dan mental yang akan dilaksakan diluar kota.Yang selama ini sudah terlaksana.

MATERI PENDIDIKAN

Materi pendidikan Taekwondo sebagai berikut :

Pukulan :  
Chi Jireugi : Pukulan dari bawah keatas
Momtong jireugi : pukulan  mengarah ke tengah (pukulan mengarah ke ulu hati),
Oreon jireugi : pukulan dengan tangan kanan yang dilakukan sambilmenendang (ap chagi), dll
Tendangan
Ap Chagi : Tendangan depan ke arah perut menggunakan kaki depan,
Yeop Chagi : Tendangan samping menggunakan pisau kaki,
Sip ChagiAn Chagi : Tendangan yang dilakukan sambil melompat dan tangkisan
Aremaki  
 
Tangkisan
Aremagi : Tangkisan ke arah bawah untuk menangkis tendangan, 
Bakat Momtong Bakat Magi : Tangkisan dari arah dalam menggunakan bagian dalam lengan bawah,
Bakat Momtong An Magi : Tangkisan dari arah dalam menggunakan bagian luar lengan bawah. dll



 





 

 

 

 


 

 

 

 

Penutup

PENUTUPDemikian program ini kami perbuat sebagai acuan untuk melaksanakan kegiatan selama 1 tahun. Kami masih sangat berharap kepada orang tua siswa untuk dapat bekerja sama dalam membimbing dan memotifasi siswa agar giat dalam melaksanakan latihan setiap jum’atnya.Terima kasih kami sampaikan .

Tanggerang Selatan, 10 -01-2012 

Koordinator Ekstrakurikuler

 


Mamay Mayangsari, S.Psi

Penanggung jawab ekskul Taekwondo

 

 

Hanipah, S.Pd.I

Mengetahui,

Kepala SDI Al Syukro Universal

 

Rinaldi Safiq, S.Ag


Jenis Ekskul

Taekwondo

Pelatih

Bimoadji Santosa

Penanggung Jawab

Hanipah

Jadwal

Jum'at : 13.00 - 14.00 WIB

Tempat

Hall