Kurikulum yang dilaksanakan ialah pengembangan dari Kurikulum Nasional, yakni KTSP, diperkaya dengan penguatan pendidikan agama Islam, Bahasa Inggris, Komputer, Baca Tulis Al Quran dan Leadership (kepemimpinan).

   Mulai tahun 2005 SD Islam Al Syukro melaksanakan pembelajaran bilingual (Inggris-Indonesia), terutama pada mata pelajaran Bahasa Inggris, Sains dan Matematika. Buku yang digunakan untuk 3 mata pelajaran tersebut ialah terbitan luar negeri.
Pengembangan kepemimpinan di SD Islam Al Syukro dikemas dalam pembelajaran leadersihip. Pembelajaran leadership ini inhern dalam setiap mata pelajaran, dengan mengasah 7 aspek, yakni :

1. Kemampuan mengenal diri sendiri (understanding self)
2. Kemampuan berkomunikasi (communication skill)
3. Kemampuan diterima dan menerima orang lain (getting along with others)
4. Kemampuan belajar untuk belajar (learning to learn)
5. Kemampuan membuat keputusan (making decision)
6. Kemampuan mengelolah (managing)
7. Kemampuan bekerja dalam kelompok (working with goups)

   Pembinaan ibadah kepada siswa selalu dilaksanakan setiap hari. Sholat berjammah, dan dzikir berjamah siswa akan ditemukan setiap hari-hari sekolah. Siswa menjadi imam, pemimpin dzikir – do’a. Sementara guru mengarahkan dan mendampingi.

   Pembinaan ibadah-ibadah sunnah, melalui kegiatan sholat duha (saat istirahat pagi) menjadi pemandangan sehari-hari di Al Syukro. Sholat sunnah qobliah-ba’diah (rowatib) selalu ditekankan dikontrol oleh guru. Puasa sunah senin kamis dan hari-hari tertentu selalu didorong oleh guru, agar siswa melaksanakannya. Pemotongan hewan kurban selalu dilaksanakan oleh siswa setiap tahun.

   Pengenalan ibadah haji melalui peragaan manasik haji dilaksanakan setiap bulan Dzul Hijjah. Bukan hanya siswa-siswi Al Syukro, setiap tahun diselenggarakan manasik haji bagi siswa-siswi Al Syukro, setiap tahun diselenggarakan manasik haji bagi siswa-siswi TK di luar Al Syukro yang meliputi TK-TK daerah Ciputat, Pamulang dan sekitarnya.

  Peringatan Hari-hari Besar Islam (PHBI) selalu rutin dilaksanakan untuk mendekatkan siswa dengan nuansa, sejarah dan budaya Islam. PHBI yang dilaksanakan seperti peringatan Isra Mi’raj, Maulid Nabi, Muharam, Idul Fitri, Idul Adha, dan lain-lain. Selain diisi dengan acara keagamaan, PHBI juga diiringi dengan kreatifitas-kreatifitas siswa.
Pembinaan agama melalui penanaman akhlaq dalam sehari-hari. Di mulalui dari kebiasaan membaca salam, cium tangan, istigfar, basmalah, hamdalah, do’a-do’a minta maaf, senyum, dll.

   Penguatan agama islam melalui ketersediaan jumlah jam pelajaran yang lebih banyak dibandingkan sekolah pada umumnya. Kebiasaan memulai dan menutup pelajaran dengan do’a juga mewarnai kegiatan siswa setiap harinya.

   Pembelajaran komputer sudah masuk menjadi kurikulum Al Syukro, dan bukan program ekstrakurikuler. Siswa-siswi langsung mengoprasikan komputer ketika pembelajaran berlangsung.

Untuk Informasi terkait Al Syukro, bisa langsung CHAT via WhatsApp dengan bagian Call Center kami

  • Senin - Jum'at, Pukul 07.45 s.d 15.30 WIB
  • Sabtu, Pukul 08.00 s.d 13.30 WIB

Silakan klik tombol dibawah ini. Terima kasih