Program TK Islam Al Syukro Universal dibuat dalam kategori harian, semseter dan Tahunan. Kegiatan harian adalah kegiatan bermain sambil belajar dalam setiap harinya. Kegiatan satu hari ini disusun dalam bentuk jadwal harian materi pembelajaran. Adapun kegiatan satu hari tersebut adalah :

07.00 – 08.30

  Presensi & Bermain bebas I

Anak datang dari rumah ke sekolah membawa masalah dan perasaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, anak memerlukan waktu untuk menetralisir keadaan tersebut melalui bermain bebas.
 

Anak mengisi buku daftar hadir sendiri atau dibantu guru untuk menunjukkan kehadirannya.

Kegiatan ini merupakan proses pembelajaran pertama anak yang bertujuan untuk pengungkapan ekspresi, penanaman disiplin dan pengenalan angka dan huruf, (motorik halus)

08.000 – 08.30   Ikrar dan Variasi bermain

Ikrar dan variasi bermain dilakukan ditempat yang  berbeda-beda. Hal ini untuk mengurangi kejenuhan dan anak akan termotivasi untuk mengikutinya. Ikrar dipimpin oleh pemimpin pada hari itu, baik kelompok B, A dan kelompok Bermain secara bergantian. Dan dilakukan dalam bentuk lingkaran, agar anak dapat saling mengenal dan mudah berkomunikasi satu sama lain.

Kemudian anak-anak melakukan permainan. Jenis permainan ditentukan bersama, berdasarkan pilihan suara terbanyak setelah dilakukan voting.

08.30 – 09.30   Materi Pagi

Usai ikrar dan bermain, anak-anak masuk ruang wali kelompoknya masing-masing. Anak-anak duduk dan guru kelompok mengucapkan salam, siap untuk materi pagi.

Sebelum kegiatan dimulai anak diberi kesempatan untuk menceritakan kejadian-kejadian yang baru dialaminya atau mengungkapkan perasaan yang memang ingin dicurahkan kepada guru dan teman-temannya. Bernyanyi bersama-sama dengan variasi gerak.

Do’a. Untuk memulai doa, guru menanyakan untuk siapa do’a hari ini diucapkan kemudian mempersilakan pemimpin untuk memimpin do’a..

Presensi. Guru mengabsen murid dengan bermacam-macam cara, seperti: menyebut nama langsung, dengan lagu “Mana…./Where is ….., menambah dengan pertanyaan-pertanyaan dan sebagainya.

Pembahasan Tema. Materi tema yang dibahas sesuai dengan acuan tema yang telah disusun dalam kalender bulanan. Pembagian materi dari acuan tema ini disesuaikan hari efektif dalam bulan berlangsung. Pembagian materi ini juga harus mempertimbangkan keluasan materi dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat mengakibatkan pembahasan tema tidak dapat dilaksanakan, seperti: olah raga setiap hari Rabu, moment khusus dan  kunjungan/puncak tema dan lain-lain.Tujuan pembahasan tema adalah untuk menstimulasi dan pengayaan pengetahuan, penanaman konsep dan aplikasi pengetahuan anak.

Mengenal Huruf / suku kata. Kegiatan pengenalan huruf/suku kata dilakukan agar anak mengenal huruf dan menambah perbendaharaan kata anak. Huruf/suku kata yang diangkat merupakan pilihan bersama atau diwakili oleh pemimpinnya. Kata-kata hasil ungkapan anak-anak ditulis dipapan tulis untuk kemudian dibacakan pada akhir kegiatan. Untuk kelompok B diberi kesempatan untuk menulis sendiri kata-kata yang diusulkannya.

Mengenal huruf Al Qur’an. Setelah kegiatan mengenal huruf dan angka latin diteruskan dengan mengenal huruf Al Qur’an yang dibarengi dengan pemberian tugas, agar anak lebih tertib dalam menunggu giliran.

Membacakan cerita. Untuk kelompok bermain dan kelompok A, cerita dibacakan oleh guru, namun buku diserahkan pemimpinnya untuk memilihnya. Sedangkan untuk kelompok B, diberi kebebasan untuk memilih dan membaca sendiri buku ceritanya atau dibacakan oleh guru.

Kegiatan ditutup dengan membaca hamdalah yang dipimpin oleh pemimpin.

09.30 – 10.45   Sarapan Pagi & Bermain Bebas II

Sarapan pagi dilakukan bersama kelompoknya masing-masing. Makanan dibawa dari rumah. Dan diteruskan dengan bermain bebas II

Anak diberi kesempatan untuk bermain bebas diluar ruangan atau bernain bebas ditaman. Guru menemani anak-anak bermain.

10.45 – 12.00   Kegiatan Inti: Bermain sambil belajar di sentra dan Pembacaan cerita/hasil kegiatan.
 
Bermain disentra sesuai dengan jadwal tempat main, guru mengaplikasikan materi yang telah disusun dalam kalender bulanan sentra pengembangan dengan beberapa display permainan. Dalam setiap kegiatan guru hendaknya selalu memasukkan materi agama dan IPTEK. Dan selama kegiatan berlangsung, guru akan mengamati setiap perilaku anak atau bergabung bermain bersama.

Kegiatan inti diakhiri dengan membacakan cerita/menceritakan permainan yang dilakukan anak pada sentra tersebut.

12.00 – 12.30   Shalat Dzuhur Berjama’ah

Anak-anak mengambil air wudlu ditemani oleh guru. Dan yang sudah selesai, sambil menunggu temannya yang sedang berwuldu teman yang sudah ada di musholla mengumandangkan shalwat Nabi dengan dipandu oleh guru.

12.30 – 13.15   Makan Siang

Makan siang dilakukan dalam keluarga makan. Keluarga makan terdiri dari anak kelompok A, B dan KB. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan sikap saling pengertian, saling membantu dan saling mengenal.

13.30   Pulang

Setelah selesai melaksanakan makan siang, kemudian menggosok gigi dan membersihkan diri (ganti baju). untuk anak-anak yang bajunya basah/kotor berkumpul bersama dalam satu ruang untuk berdo’a sebelum pulang. Anak dijemput oleh orangtua atau jemputan yang telah disepakati dan dilaporkan ke sekolah.
     
     

 

Untuk Informasi terkait Al Syukro, bisa langsung CHAT via WhatsApp dengan bagian Call Center kami

  • Senin - Jum'at, Pukul 07.45 s.d 15.30 WIB
  • Sabtu, Pukul 08.00 s.d 13.30 WIB

Silakan klik tombol dibawah ini. Terima kasih