Training Riset CSI untuk Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Alsyukro – Tangsel, Kepuasan pelanggan memang tak bisa ditawar-tawar lagi. Untuk itulah setiap perusahaan atau lembaga  harus terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan pelayanan demi kepuasan pelanggan. Tak terkecuali, Perguruan Islam Al Syukro Universal Ciputat Tangerang Selatan. Sebagai sebuah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan jenjang pendidikan mulai dari KB/TK, SD, SMP dan SMA, Perguruan Islam Al Syukro terus berupaya memberikan yang terbaik bagi para orangtua siswa (pelanggan).   

Dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan, Perguruan Islam Al Syukro Universal mengadakan Training Riset Kepuasan Pelanggan atau Customer Satisfaction Index (CSI). Training diadakan di Gedung SMP Islam Al Syukro Universal, Selasa, 12 November 2019, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Peserta Training adalah Tim ISO 9001:2015 Perguruan Islam Al Syukro Universal yang terdiri dari unsur pimpinan mulai dari Direktur, General Manager, Manager, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Supervisor atau Kepala Unit.

Dalam sambutannya, GM Operasional, Bapak Muhammad Amiruddin Rahman yang mewakili direktur menyampaikan akan pentingnya CSI bagi lembaga.

“CSI menjadi sangat penting untuk bisa mengukur apakah selama ini yang sudah kita lakukan sudah sesuai harapan pelanggan atau belum,” kata Pak Amir.

Panitia training menghadirkan Pedri Haryadi dan Dezya Salsabila P dari Dompet Dhuafa Pendidikan sebagai nara sumber. Pedri Haryadi dan Dezya Salsabila P adalah triner khusus di bidang riset CSI yang sudah mengisi training di berbagai tempat. Materi training yang diberikan antara lain teori-teori dan kaida penelitian secara umum. Selain teori, para peserta juga dilatih untuk mengolah data riset dengan menggunakan SPSS. 

Dengan kegiatan training Riset CSI, diharapkan nantinya para peserta akan mampu melakukan Riset untuk mengukur kepuasan pelanggan. Dengan melakukan riset, maka akan diperoleh data yang menggambarkan tingkat kepuasan pelanggan selama ini. Data hasil riset akan memperlihatkan apakah program dan pelayanan selama ini  sudah sesuai harapan dan memuaskan pelanggan atau belum.

Data tersebut akan menjadi pijakan bagi lembaga dalam upaya meningkatkan kualitas produk (program) dan pelayanan demi kepuasan pelanggan dalam hal ini adalah para orangtua siswa, untuk Al Syukro Universal yang lebih baik ke depannya. Aamiin. (MB)