Anak-anak yang berprestasi mempunyai dua faktor yang menentukan. Yakni, Nature Factor (faktor bawaan) dan Nurture Factor (faktor lingkungan). “Diantara faktor-faktor bawaan itu adalah Potensial Otak Kanan dan Kiri, Kecerdasan, Gaya Belajar, Kepekaan Belajar, dan Karakter Komunikasi. Sedangkan untuk faktor-faktor lingkungan yaitu Stimulasi External, Pendidikan, Pelatihan, Pengajaran, dan Pendampingan,” ujar Bapak Fanny Fauzi Hanifunni’am, seorang Psikolog dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.
   Pak Fanny berbicara pada acara PARENTING WORKSHOP: MENUMBUHKAN PERCAYA DIRI ANAK DENGAN OPTIMALISASI BAKAT yang digagas bersama antara Sekolah Islam Al Syukro dengan PRIMAGAMA, DMI PRIMAGAMA, COMCARE dan BRAINY LAP PTE. LTD Singapore. Acara ini diselenggarakan di hall Sekolah Islam Al Syukro, pada Sabtu, 5 Maret 2011.
   Apabila seseorang memiliki Otak Kiri yang lebih dominan, maka akan ditunjukkannya dengan sikapnya yang lebih sistematis, cenderung mengabaikan perasaan, cara berpikirnya yang efektif dan efisien. “Sementara bila Otak Kanan yang lebih dominan, maka akan terlihat bahwa seorang anak itu lebih giat dalam berpikir, supel, dan lebih bisa mengekspresikan kemarahannya, serta cenderung melakukan sesuatu di luar kebiasaan,” terangnya.
   Pak Fanny menjelaskan, keberadaan Otak Kiri dan Otak Kanan setiap orang sudah dianugerahkan sejak lahir. “Keduanya tidak bisa diseimbangkan, tapi bisa diperformakan,” ujarnya menjawab pertanyaan seorang peserta workshop.  
   Selain paparan dari Bapak Fanny, acara ini juga menawarkan sessi khusus untuk membahas keunggulan bakat anak melalui TES BAKAT SIDIK JARI (DMI). Tes ini memiliki 9 (sembilan) keunggulan untuk menentukan tes bakat seseorang. Karena dengan hanya menempelkan sidik jari, maka bakat seseorang (termasuk anak-anak) akan segera dapat diketahui, dengan perkiraan waktu yang hanya sepuluh menit saja.
   Keunggulan lain misalnya, tidak membuat cemas peserta tes, tidak ada vonis bahwa orang yang satu lebih bodoh atau lebih pintar dari yang lainnya, akurasinya sangat tinggi (efektif), sekali seumur hidup (efisien), tidak tergantung situasi psikologis (tidak mudah berubah-ubah), gratis konsultasi seumur hidup dan lainnya.
   Sedangkan mengenai hasil tes DMI ini, akan meliputi dua talenta adversity yakni: Pertama, Otak Kanan (pengusaha/pembuat produk/pencipta jasa), dan Otak Kiri (pegawai/penikmat produk/pengguna jasa). Dan kedua, bakat lahiriah (multiple intelligence) seperti logic mathematic, linguistic, intrapersonal, interpersonal, visual spatial dan lain-lain.
Adapun untuk sessi hiburan pada acara ini, para siswa DEMIAN’S MAGIC ACADEMY turut tampil dengan menyuguhkan sejumlah atraksi-atraksi sulap yang menghebohkan para peserta workshop, diantaranya dengan sulap melepaskan diri dari ikatan tali-temali dan borgol jari secara cepat. (fdl)