Serangkaian kegiatan dalam rangka mengisi kegiatan di bulan suci Ramadhan 1432 H dilaksanakan di Sekolah Islam Al Syukro dengan tujuan untuk memberikan pelajaran atau pendidikan “pemaknaan ibadah puasa”. Tentunya kegiatan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan belajar peserta didik yang terdiri dari siswa/i TK- SD – SMP yang ada di lingkungan Perguruan Islam Al Syukro Universal.
 
  Untuk KB, TK/A/B dilaksanakan Pesantren Kilat (Sanlat) yang dibimbing oleh seluruh guru dan di ikuti hampir oleh 100 siswa/i. Tujuan kegiatan ini untuk melatih dan membiasakan anak belajar puasa puasa, megerjakan solat wajib dan sunnah. Menurut ibu Siti Qoriyah, kegiatan ini berlangsung sejak 15 s/d 19 Agustus 2011, mulai jam 08.00 s/d 10.00. Setiap harinya dilatih beberapa hal, seperti praktek sholat subuh berjamaah, sholat isya berjamaah, membaca iqro, menonton film edukasi islam, sholat iedul fitri dan saling memaafkan.
   Kegiatan lain adalah pemberian Tausiyah yang dibimbing langsung oleh Bapak Imam Yahya kepada siswa/i TK Islam Al Syukro sekaligus kegiatan ceria membuat kartu lebaran untuk mama dan papa.


  Sementara kegiatan selama bulan puasa 1432 H. ditingkat SD Islam Al Syukro Universal diisi dengan :

1)Diawali dengan Pawai Kemerdekaan (29 Juli 2011),
2)Tarhib Ramadhan (29 Juli 2011),
3)Amaliyah Ramadhan ( dilaksanakan pada tanggal 16, 18 dan 19 Agustus 2011),
4)Lomba-lomba : Tahfiz, Adzan, Kultum, gerak dan tari, membuat parcel dan mewarnai.
5)Santunan, berupa pemberian paket sembako kepada kaum dhu’afa yang berda disekitar lingkungan sekolah,
6)Kegiatan ini diakhiri dengan Puncak Thema dan Ifthar yaitu final lomba-lomba dan acara berbuka puasa bersama guru-guru dan siswa/i.


     
  Ibu Siti zahronah, S.pd.I sebagai penganggungjawab dari kegiatan menyatakan, “tujuan dari kegiatan adalah untuk mengenalkan dan melatih anak berpuasa di bulan ramadhan, mengenalkan amalan sunnah selama bulan puasa, menumbuhkan kepedulian sosial dengan bersedekah, mempererat tali silaturahmi khususnya antara siswa, guru dan orangtua serta lingkungan. Selain itu ibadah puasa juga tetap harus mengembangkan prestasi, bakat dan minat hal ini dipraktekan dengan perlombaan dan yang lebih utama adalah sifat saling memaafkan.

  Lain lagi kegiatan Ramadhan 1432 H di tingkat SMP Islam Al Syukro Universal, menurut Ibu Heriyah, MA. sebagai Wk. Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.
  
Dalam rangka menyambut puasa ramadhan, seperti biasanya SMP Islam Al Syukro mengadakan kegiatan Tarhib Ramadhan. Tarhib idealnya dilaksanakan  satu bulan sebelum ramadhan tiba. Tarhib ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat khususnya umat muslim tentang datangnya bulan Ramadhan yang harus disambut dengan suka cita. Dalam arti lain, bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, rahmat dan kemuliaan yang selalu dinanti dan dirindukan untuk kedatangannya. Kali ini kegiatan Tarhib SMP Islam Al Syukro yang diselenggarakan pada tanggal 29 Juli 2011 diisi dengan tiga program; pertama, kegiatan PAWAI atau karnaval keliling kampung di sekitar lingkungan sekolah, tepatnya adalah komplek perumahan Kedaung. Diawali dari pintu gerbang sekolah secara beriringan sambil bershalawat, semua siswa dan dewan guru berjalan mengelilingi area komplek perumahan kedaung. Tidak lupa pula sepanjang perjalanan para siswa membagikan leaflet jadwal imsyakiah Ramadhan, yang diperoleh dari kerjasama dengan lembaga Dompet Dhuafa. Kedua, kegiatan Mabit di Mesjid Nurul Huda. Mereka melaksanakan shalat dhuha bersama dan mendengarkan tausyiah yang disampaikan oleh Bapak Humaidi selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Umum.
   Menjelang akhir acara kegiatan diisi dengan tes hafalan sekaligus do’a bersama yang dipandu oleh Bapak Subhan, selaku guru Tahfiz dan BTQ SMP Islam Al Syukro. Ketiga, kegiatan makan bersama yang dilaksanakan di hari Jum’at. Dalam hal ini setiap kelas dianjurkan untuk membawa menu makanan sesuai temanya masing-masing dengan pembagian sebagai berikut; kelas 7A (makanan pembuka), kelas 7B (makanan penutup), kelas 8 s.d. kelas 9 (makanan utama berupa lauk pauk dan sayur mayur). Ramah tamah yang diisi dengan ucapan ‘mohon maaf lahir batin’ antara semua warga SMP Islam Al Syukro menjadi kegiatan akhir tarhib ramadhan.  Begitulah kiranya sebagai umat muslim menyongsong datangnya bulan mulia ini dengan kegembiraan dan saling memaafkan sebagai sikap mental yang harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan pencapaian kualitas spiritualitas kita dalam 1 bulan lamanya. Marhaban ya ramadhan, syharus syiyaami, baarakallahu lana wa lakum.
  Menurut penanggungjawab Kegiatan Ramadhan SMP Islam Al Syukro Universal Bapak Kosaman, SE., amaliah  Ramadhan 1432 H untuk siswa/i SMP mengambila tema "Ramadhan Mulia" yang kegiatannnya  dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Ramadhan 1432 H dengan kegiatan sebagai berikut :
   Hari pertama, pembukaan, dilanjutkan dengan pembiasaan shalat dhuha dan tadarus yang dibimbing oleh seluruh panitia, English (asmaul husna) dengan bimbingan Mr. Nuzul & Mr. Faruq. Untuk mengetahui kandungan isi Al-Qur’an untuk siswa maka kegiatan dilanjutkan dengan kajian tafsir Surah Al Fatihah yang disampaikan oleh ust. Subhan Fadli. Kegiatan di hari pertama ditutup dengan game dan shalat  dzuhur berjamaah.
Untuk lebih menyemarakkan kegiatan selama ramadhan, maka amaliah pada hari kedua diisi dengan berbagai kegiatan yang terdiri dari :

*
lomba cerdas cermat dengan materi semua bidang studi
*
Lomba puisi dengan tema nuzululquran
*
Lomba kaligrafi dengan penilaian penulisan yang benar,  kreatifitas dan keindahan menulis arab
*
Lomba BTQ digelar dengan tujuan supaya siswa mengetahui makharijulhuruf, ilmu tajwid, lagu dan suara.
*
Dan yang terkahir adalah lomba membuat parcel dengan penilaian keindahan dan kreatifitas siswa.

  
   Lomba tersebut diikuti oleh peserta dengan perwakilan dari semua level mulai kelas 7 smapai dengan kelas 9.
   Supaya anak lebih mencintai dan meneladani Rasulullah, maka kegiatan amaliahpun dilanjutkan dengan menonton CD kisah-kisah teladan para sahabat Rasulullah SAW  yang dibimbing oleh Bapak. Heri.
  Sebagai wujud nyata bahwa puasa melatih kita toleran dan empati terhadap sesama, maka siswa SMP Islam Al Syukro Universal mengumpulkan santunan berupa 50 paket sembako dan menyalurkannya kepada warga sekitar H. Maung dan Jln. Nangka yang dilaksanakan di Mesjid Nurrahman.
  Acara dillanjutkan dengan game sains dan pengumuman pemenang lomba. Kegiatan amaliah ditutup dengan kultum dan Buka puasa bersama serta bermushafahah.
  Alhamdulillah rangkaian demi rangkaian kegiatan amaliah ramadhan berjalan dengan lancar dengan harapan semoga semua murid menjadi insan yang la’allakum tattakun (manusia yang bertaqwa) dan bisa menerapkan ibadah ini di sebelas bulan berikutnya, Amin.
(Red, humas dan promosi : team updating web alsyukro-universal : 19 Agustus 2011)