Oleh : Mawar Elista

Deal with Education Consultant adalah salah satu program SMA Islam Al Syukro Universal yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa tentang pendidikan tinggi.

Agenda ini penting terutama bagi siswa kelas XII yang sebentar lagi akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Tetapi pembekalan ini diberikan kepada siswa kelas X dan XI juga agar mereka mempersiapkan diri lebih dini tentang pendidikan yang akan mereka tempuh setelah lulus nanti.

Acara kali ini dibuka oleh MC Miss Lusy (guru bahasa Inggris), dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh ananda Fadel (kelas XII IPS) dan saritilawah ananda Alya (kelas XI IPS).

Acara inti diisi dengan pemaparan materi tentang berbagai jenis Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan berbagai kampus kedinasan (vokasi) yang ada di Indonesia oleh konsultan pendidikan kak Abdul Rahman, S. Pd., M.Si., dari MHZ Digital Kreasi.

Anak-anak beruntung mendapatkan link yang dapat digunakan untuk menentukan bakat dan minat serta program studi dan kampus-kampus PTN yang terdapat program studi tersebut. Dengan memasukkan nilai rapor saja, ananda akan dapat menentukan bakat dan minatnya serta program studi apa yang sesuai. Di link tersebut, siswa akan mendapatkan informasi secara langsung PTN yang terdapat program studi yang sesuai bakat dan minat siswa.

Selain PTN, ada banyak sekali kampus-kampus kedinasan (vokasi) yang juga negeri. Siswa mendapatkan informasi yang lengkap tentang kampus-kampus yang potensial tetapi kurang diminati karena minim informasi.

Acara dilanjutkan dengan sharing sessions secara daring dengan dosen dari Universitas Malaya (salah satu kampus terbesar di Malaysia).

Acara kali ini juga dimeriahkan dengan kehadiran secara daring kakak Alissa Kayla alumni SMP Islam Al Syukro Universal yang sekarang kuliah di Ritsumeikan Asia Pacific University (salah satu kampus terbaik di Jepang). Kak Alika berbagi pengalaman tentang bagaimana cara agar dapat kuliah di Jepang, dan keseruan kuliah di negeri orang.

Tamu terakhir adalah kakak Sabila Adlina (alumni SD Islam Al Syukro Universal). Kakak Adlin hadir secara langsung ke sekolah untuk berbagi pengalaman tentang kuliah di Turki dan Jerman. Kak Adlin S1 di Turkey dan S2 di Jerman. Menurut kak Adlin, kemampuan bahasa asing sangat dibutuhkan jika adik-adik ingin kuliah di luar negeri.

Harapannya setelah mereka mendapatkan wawasan tentang PTN dan kampus-kampus di luar negeri, mereka akan termotivasi mengikuti jejak-jejak kakak alumni yang sudah hebat-hebat.

=> Dokumentasi Foto Kegiatan <=