Alsyukro – Tangsel , Guna membentuk karakter peduli dan peka dengan lingkungan sekitar, Siswa-siswi SMP Islam Al Syukro mengikuti kegiatan Homestay. Kegiatan Homestay berlangsung selama tiga hari dua malam mulai tanggal 12 – 14 Desember 2018 di Desa Iwul Kecamatan Parung Kabupaten Bogor.

Selama kegiatan Homestay, para siswa SMP Islam Al Syukro Universal menginap di rumah-rumah warga. Selain menginap, para siswa juga mengikut segala aktivitas warga setempat antara lain berkebun cabe, singkong, beternak ikan, kambing, juga membuat lumpia, bakso, mie dan tempe.       

Selain mengikuti aktivitas warga setempat, para siswa SMP Islam Al Syukro Universal juga mengikuti kegiatan Murojaah yang dibimbing oleh guru Tahfiz, Zaimul Haq, S.Ag. Para siswa juga mengajar mengaji anak-anak warga setempat dan juga menggelar Bazar Barbeku (Barang Bekas Berkualitas).

Menurut Kepala SMP Islam Al Syukro Universal, Siti Umroh, S.Ag., tujuan dari kegiatan Homestay ini adalah untuk membentuk karakter siswa yang baik seperti peduli dan peka dengan lingkungan sekitar.

“Homestay adalah program kegiatan yang baru tahun ini diadakan di SMP Islam Al Syukro Universal. Tujuannya adalah untuk membentuk karakter siswa yang baik seperti peduli, peka dengan lingkungan sekitar, dapat hidup mandiri dan mampu bersosialisasi dengan masyarakat,” tutur Siti Umroh, S.Ag.

Banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa didapat para siswa selama mengikuti kegiatan Homestay.  Kegiatan Homestay juga mendapat apresiasi positif dari para orangtua siswa dan para guru. Mereka yang mengapresiasi antara lain Ibu Efa Fatihah, Ibu Achivina Mirza, Ibu Hena Rustiana, Ibu Hafry Jeny,Ibu Novi Arisanti, Ibu Lie Lie,  Ibu Alfiatun Nikmah, Ibu Asri A. Nugraheni dan Bapak Henrizal Saidi Harahap.

Apresiasi mereka diungkapkan melalui komentar di time line facebook Perguruan Islam Al Syukr Universal.

“Waah ini keren bangett…. Bakal jadi pengalaman seru yang tak terlupakan dan pastinya akan sangat bermanfaat untuk masa depan anak-anak,” komentar Ibu Efa Fatihah, orangtua siswa SD Islam Al Syukro Universal

Komentar dan apresiasi juga diungkapkan salah satu orangtua siswa SMP Islam Al Syukro Universal, Ibu Hena Rustiana.

“Subhanallah, keren-keren banget, Semoga jadi pengalaman yang member inspirasi jadi insan yang lebih baik lagi, yaa…. Sehat selalu teteh Alisha dan teman-teman,” (Hena Rustiana – Orangtua siswa SMP Islam Al Syukro Universal). 

Salah seorang guru SD Islam Al Syukro juga, Ibu Alfiatun Nikmah,  turut mengapresiasi kegiatan Homestay siswa-siswi SMP Islam Al Syukro Universal.

“Sukaaa sekali sama program ini... anak-anak  belajar keterampilan hidup yang akan sangat berguna buat masa depannya kelak.walau singkat waktunya pasti berkesan...  Sukses buat SMP Al syukro Universal.” (Alfiatun Nikmah – Guru SD Islam Al Syukro Universal)

Kegiatan Homestay ditutup oleh Kepala Desa Iwul, Kecamatan Parung Kabupaten Bogor, Bapak Nahsyim Setiawan, SE. MM, Jumat, 14 Desember 2018. (MB)