SMP Islam Al Syukro Universal Mendidik Para Siswa Menjadi Generasi Cerdas dan Berakhlak Mulia

SMP Islam Al Syukro Universal

Mendidik Para Siswa Menjadi Generasi Cerdas dan Berakhlak Mulia

Alsyukro – Tangsel, Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah membawa perubahan yang begitu besar di berbagai bidang. Perubahan itu juga tak luput menyasar ke berbagai aspek kehidupan manusia. Mulai dari cara bepikirkir, berperilaku, berinteraksi dan bersosialisasi.  

Internet telah mengubah peradaban manusia. Kini, peradaban manusia selangkah lebih maju. Namun, untuk memanfaatkan teknologi, manusia butuh pengetahuan dan kecerdasan. Jika tidak, maka teknologi itu akan menjadi sia-sia dan tidak berguna. Sayangnya, cerdas saja tidak cukup. Agar teknologi internet itu bermanfaat bagi kehidupan manusia, selain cerdas pengguna juga harus berakhlak mulia.

Kondisi seperti itu membuat tugas dan tanggung jawab dunia pendidikan semakin berat dan kompleks. Tugas dari lembaga pendidikan kini tidak  hanya mencerdaskan, tetapi lebih dari itu. Kini lembaga pendidikan juga dituntut untuk mampu membentuk pribadi peserta didik yang unggul, berkarakter dan berakhlak mulia.

Sebagai lembaga pendidikan, SMP Islam Al Syukro siap melaksanakan tugas itu. Dengan SDM yang kompeten dan berpengalaman ditunjang dengan fasilitas yang memadai, SMP Islam Al Syukro Universal berupaya untuk memenuhi tuntutan tersebut. Pembelajaran di SMP Islam Al Syukro menggunakan Kurikulum 2013 dan kurikulum kekhasan yaitu Keislaman dan English Cambridge. Khusus untuk English Cambride saat ini baru sebatas penggunaan bukunya saja.

Metode pembelajaran di SMP Islam Al Syukro Universal menggunakan sistem moving clas dengan pendekatan Project Based Learning PjBL). Saat ini ada lima ruang kelas yaitu Scientific, Social, Religion, Language dan Art Classroom. Lingkungan sekolah yang luas, nyaman dan asri membuat para siswa tetap antusias meski mereka harus belajar seharian penuh. Waktu kegiatan belajar SMP Islam Al Syukro Universal adalah Senin – Jumat, pukul 07.15 – 16.00 WIB.

Selain itu ada juga Program Pembiasaan dan  Ekstra Kurikuler (Ekskul). Kegiatan Pembiasaan yang bertujuan pembentukan karakter Islami antara lain Dzikir Pagi, Sholat Duha, Tahsin, Sholat Dzuhur berjamaah dan Kultum/Muhadloroh. Pembiasaan lainnya yaitu Apel Pagi, Greeting, English Day, Literasi dan Gardening. Sedangkan Pramuka sebagai ekskul wajib bertujuan untuk membentuk pribadi unggul para peserta didik seperti mandiri, tangguh, pantang menyerah, kuat, dan cinta terhadap lingkungan.  

Dengan kegiatan pembelajaran seperti itulah diharapkan siswa-siswi SMP Islam Al Syukro Universal tidak hanya cerdas dan menguasai ilmu pengetahuan saja, tetapi juga menjadi pribadi yang unggul, memiliki karakter yang baik dan Islami dan berakhlakul karimah. Insya Allah, SMP Islam Al Syukro Universal mendidik para siswa untuk menjadi generasi yang cerdas dan berakhlak mulia.

Bicara soal alumni, SMP Islam Al Syukro tak kalah dengan SMP-SMP favorit lain di kota Tangerang Selatan. Terbukti, setiap tahun lulusan SMP Islam Al Syukro Universal banyak yang diterima di SMA-SMA favorit baik di Tangerang Selatan maupun Jakarta. Antara lain SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 6, SMAN 9, dan SMAN 10 Tangerang Selatan. Beberapa alumni juga diterima di SMA negeri di wilayah Jakarta seperti SMAN 6, SMAN 70 dan MAN 4  Jakarta. Itulah data yang menjadi fakta bahwa alumni SMP Islam Al Syukro mampu bersaing dengan para lulusan dari SMP lainnya di Kota Tangerang Selatan dan Jakarta. Selain cerdas, Insya Allah para alumni SMP Islam Al Syukro Universal juga adalah anak-anak yang berakhlak mulia. Aamiin. (MB)