“Leadership & Public Speaking Training”. Inilah judul kegiatan yang digagas oleh Persatuan Orangtua Siswa (POS) SMP Islam Al Syukro pada Jum’at, 6 Mei 2011. Dalam acara ini, para siswa nampak bersemangat mengikuti sessi materi demi materi, dimana untuk Leadership menampilkan Bapak Supangat Rohani MA dan Ibu Heriyah MA; sedangkan Public Speaking yang menjadi pembicara yakni Ibu Dewi Kurnia dan Ibu Ina Nurmalina (keduanya adalah penggiat POS SMP Islam Al Syukro).
    Dalam paparannya, Ibu Heriyah menyampaikan betapa pentingnya menumbuhkan sikap kepemimpinan dari dalam diri seseorang sejak dini. “Menumbuh-kembangkan kepemimpinan pada masa remaja itu menjadi sangat penting karena mereka itu memiliki energi dan potensi besar; memiliki banyak pertanyaan; dan sekaligus punya banyak tindakan,” ujarnya.
    Ibu Heriyah menambahkan, pada masa anak-anak hanya dapat ditumbuhkan kepemimpinan untuk mengontrol diri sendiri karena kemampuannya masih terbatas, akan tetapi  dari situlah proses pendewasaannya terus berlangsung untuk menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri maupun orang lain, baik pada saat ini dan masa datang. “What Are You Waiting for? It’s time to lead to change…,” seru Wakil Kepala SMP Islam Al Syukro bidang Kesiswaan ini.
    Menurut Ibu Heriyah, ada tiga poin penting dalam upaya menumbuh-kembangkan kepemimpinan sejak remaja. “Ketiganya adalah LEADERSHIP, TEAM WORKING, dan COMMUNICATION. Untuk Leadership, yang perlu dikembangkan adalah self leadership, atau kepemimpinan bagi diri sendiri melalui aktivitas sehari-hari; Pemberian tanggung jawab pada hal-hal yang dikerjakan, sehingga itu dapat melatih jiwa kepemimpinannya; dan Dukungan kepercayaan bahwa remaja telah mampu melakukan tugas-tugas keseharian,” tuturnya.
    Sedangkan untuk Team Working, Ibu Heriyah menerangkan bahwa setiap orang membutuhkan orang lainnya untuk dapat berkembang. Selain itu, sikap remaja cenderung egois dan mau menonjolkan dirinya sendiri, maka orang-orang sekitarnya, baik orang tua, sahabat, teman, dan orang-orang sekitarnya harus mendukung untuk dapat bersosialisasi dan mengerjakan segala hal yang membutuhkan kerja sama. “Untuk itu, Team Working dikembangkan guna menumbuhkan kepekaan remaja, pada orang-orang maupun lingkungan sekitarnya, sehingga kelak dia akan menjadi pemimpin yang peduli pada kesejahteraan, kemajuan umum,” urainya.
    Untuk Communicating, kata Ibu Heriyah, berarti penyampaian pesan atau informasi dengan berbagai cara agar terjadi interaksi timbal balik antara beberapa pihak yang terlibat di dalamnya. Untuk mengasah kemampuan berkomunikasi pada remaja, hal pertama yang menjadi dasar yaitu kepercayaan diri bahwa dirinya mampu dan berani menyampaikan pandangannya. “Inilah cermin dari sikap untuk terus belajar, dan, Sebagaimana pemimpin yang baik adalah pemimpin yang berani memunculkan ide-ide, gagasan dan terus mengembangkan diri”.  (fdl)