Jika pada waktu dulu ada istilah KKN (Kuliah Kerja Nyata), untuk saat ini kampus UIN Jakarta memiliki program P2KT (Praktek Profesi Keguruan Terpadu). Program ini bertujuan untuk membekali para calon sarjana pendidikan untuk belajar langsung mengenai profesi yang akan digelutinya kelak. Bagi para calon sarjana pendidikan, kampus UIN Jakarta menerjunkan para mahasiswanya untuk belajar mempraktekkan ilmu sambil belajar langsung di beberapa sekolah, salah satunya di SD dan SMP Islam Al Syukro Universal.

Pada bulan Februari 2012 ini, kampus UIN kembali menitipkan mahasiswanya untuk banyak belajar di Al Syukro Universal. Sejak tanggal 3 Februari 2012, beberapa mahasiswa UIN jurusan kependidikan akan terjun di SD dan SMP Islam Al Syukro Universal selama 4 bulan. Tentu, selain mempraktekkan ilmu yang telah didapatnya di kampus, para mahasiswa akan belajar langsung cara mengajar, cara menghadapi murid, cara menanamkan nilai-nilai kepada anak, administrasi sekolah, pendisiplinan sekolah dan sebagainya, sehingga mereka mendapatkan ilmu langsung dari lapangan.

Al Syukro Universal sudah beberapa kali dititipi mahasiswa UIN, dan bulan Februari ini merupakan yang keempat kalinya. Menurut Bapak Fauzan Budicahyono, sejumlah mahasiswa yang datang akan diterjunkan untuk mengajar, terlibat di perpustakaan, terlibat di urusan administrasi dan perpustakaan. "Kami memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mempelajari langsung di lapangan", tegas pak Fauzan.

Pada hari kamis, 2 Februari 2012, dosen pembimbing yang datang menyampaikan pesan menitipkan para mahasiswanya. "Kami menitipkan para mahasiswa, supaya mereka dapat belajar langsung di sini" katanya.