{modal images/stories/news/2014/25042014_transstudiobandung.jpg|Title=Field Trip SMP Islam Al Syukro Universal}25042014_transstudiobandung{/modal}Filedtrip atau yang lebih dikenal dengan karyawisata merupakan perjalanan yang dilakukan oleh peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar, terutama pengalaman secara langsung dan merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah.

Sebagai salah satu upaya agar para siswa tidak jenuh dalam mengikuti kegiatan proses belajar, maka sesekali mereka diajak ke luar kelas yaitu dalam kegiatan Fieldtrip. Dalam kegiatan Fieldtrip, para siswa diajak untuk meninjau hal-hal di sekeliling mereka yang berhubungan dengan materi pelajaran yang dipelajari di kelas. 

Fieldtrip menjadi salah satu kegiatan rutin yang diadakan SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat. Untuk Semester Genap Tahun Pembelajaran 2013/2014, Fieldtrip SMP Islam Al Syukro berkunjung ke Trans Studio Bandung.

Kegiatan Fieldtrip diadakan pada hari Kamis, 17 April 2014, berangkat dari Ciputat pukul 06.30 WIB. Kegiatan tersebit diikuti oleh seluruh siswa kelas VII dan VIII sejumlah 88 siswa, serta 16 orang guru dan karyawan SMP Islam Al Syukro Universal.

Menurut Ketua Panitia Fieldtrip, Ibu Tri Astuti atau yang biasa dipanggil Ibu Asti, siswa-siswi SMP Islam Al Syukro Universal diajak untuk mengenal, mengamati dan menikmati wahana-wahana yang tersedia di Trans Studio Bandung.

Dengan begitu para siswa selain diharapkan dapat terhibur dan refreshing dari rutinitas mereka sehari-hari, juga diharapkan dapat mempelajari sebuah konsep taman hiburan yang terpadu dan terkelola secara professional oleh anak bangsa. Sehingga nantinya mereka memiliki pemahaman yang cukup tentang pengelolaan sebuah usaha atau bisnis berskala besar, khususnya bisnis di dunia media, gaya hidup dan hiburan.

Sebagai bahan evaluasi, seluruh siswa  diminta untuk membuat laporan dari kegiatan Fiedltrip tersebut. Laporan siswa dikumpulkan ke masing-masing wali kelas. Seluruh peserta Fieldtrip kembali sampai di Ciputat hari Kamis malam, pukul 23.45 WIB.  (MB)