Bertepatan dengan Hari Kartini yang dirayakan setiap 21 April, maka tema pembelajaran bulan ini adalah “KARTINI PAHLAWANKU“. Dimana dalam tema ini, seluruh siswa akan bertambah pengetahuan tentang kisah perjuangan seorang pahlawan wanita yang memperjuangkan hak-hak bagi kaumnya yang pada saat itu kurang mendapat perhatian. Dimana akhirnya, saat ini karena perjuangannya, menjadikan inspirasi bagi kaum wanita untuk bisa berprestasi, berkarya, maju, tanpa harus melupakan kodratnya sebagai wanita.
    Demikian disampaikan Kepala KB-TK Islam Al Syukro, Otista, Ciputat yakni Ibu Isnunarti ketika menjelaskan tentang tema pembelajaran di sekolah pada sepanjang April 2011 ini. “Sebagai penunjang tema, Insya Allah kita akan mengadakan Lomba Paduan Suara---dengan lagu wajib ‘Ibu Kita Kartini’---, Lomba Hafalan Asmaul Husna dan Lomba Kebersihan Kelas yang akan dilakukan oleh setiap kelompok, tepatnya pada Kamis, 21 April 2011,” ujarnya seraya menyebutkan bahwa akan ada Piala Bergilir “Kartini Cup” untuk pemenang Lomba Kebersihan Kelas.
   Lomba-lomba ini pasti akan seru sekali, kata Ibu Isnunarti, selain menerapkan ajaran syariat Islam untuk senantiasa menjaga kebersihan sesuai hadits Nabi Muhammad saw yang bunyinya: “Kebersihan sebagian dari iman“.
WARNA, BENTUK, SURAT PENDEK & DOA
   Selain kegiatan penunjang berupa dua macam lomba tadi, KB-TK Islam Al Syukro, Otista, juga akan mempelajari mengenai warna merah muda (pink) dan bentuk bintang (star).
    Adapun surat-surat pendek yang akan diajarkan meliputi Surat Al Ikhlas dan doa sayang ayahbunda serta kebaikan dunia-akherat (untuk Kelompok Bermain/KB Kecil), dan Surat Al Ashr berikut doa masuk serta keluar masjid (untuk KB Besar).
   Sementara itu, untuk Kelompok A, sepanjang April ini akan melakukan pengulangan bacaan surat–surat pendek, dan mempelajari bacaan shalat (I’tidal). Sedangkan untuk Kelompok B, mereka akan diajarkan mengenai Surat At- Tiin, Doa Taubatan Nasuha, dan bacaan shalat (Tasyahud Akhir).
   Khusus mengenai kosakata yang akan diperkenalkan kepada anak-anak didik adalah:

Pahlawan
: Hero  Membaca
: Read
Cita- cita
: Achievement
 Pelajaran : Lesson
Diskriminasi
: Discrimination  Menjahit
: Sew
Perjuangan
: Struggle  Menyulam
: Embroider
Emansipasi
: Emancipation  Memasak : Cook
Wanita
: Woman  Karir
: Career
Gratis
: Free   Memajukan
: Improve
Negara
: Country  Kebebasan
: Freedom
Persamaan Hak: The same right   Pendidikan
: Education
  

   Selain itu, kata Ibu Isnunarti lagi, para staf pengajar juga akan mengajarkan mengenai lanjutan Asmaul Husna yakni



89
90
91
92
93
94
94
96
97
98
99
Al MughniyAl
Maani'
Adh Dhaarr
An Naafi'
An Nuur
Al Haadii
Al Badii'
Al Baaqi
Al Waarits
Ar Rosyiid
As Shobuur
Saya memajukan orang lain
Saya selalu mencegah sesuatu yang buruk

Saya sering menghukum demi keadilan
Saya sering memberi penghargaan demi keadilan
Saya selalu berilmu dan mulia
Saya selalu menjadi orang yang suka membimbing
Saya selalu indah, rapih dan bersih
Saya selalu memelihara
Saya mewarisi dan mendelegasikan
Saya pandai dan cerdas
Saya penyabar dan tidak tergesa- gesa
   Demikian tema pembelajaran sepanjang April 2011 di KB-TK Islam Al Syukro, Otista, Ciputat, Kota Tangerang Selatan. (fdl)