Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Pendidikan UPT Pendidikan Kecamatan Ciputat menyelenggarakan kegiatan berupa ‘LOMBA BIDANG STUDI, KREATIVITAS SISWA DAN GURU, OLIMPIADE SAINS, MATEMATIKA DAN SISWA, SERTA GURU BERPRESTASI TINGKAT KECAMATAN CIPUTAT’. Acaranya diselenggarakan pada Sabtu, 7 Mei 2011 di SD Tirta Buaran, Serua, Ciputat, Kota Tangsel.     Bertindak selaku penanggung jawab dari kegiatan ini adalah Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Ciputat yakni Bapak Drs H Effendi MM.
    Menurut panitia, kegiatan ini sengaja dilaksanakan dengan tujuan menyediakan wahana bagi siswa/siswi SD di wilayah UPT Pendidikan Kecamatan Ciputat untuk berkompetisi mengembangkan minat, bakat dalam bidang IPS Terpadu, Kesenian, Kerajinan Tangan, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, muatan lokal Komputer dan siswa serta guru yang berprestasi.
    Selain itu, menjadi ajang pengembangan dan pembinaan yang berkesinambungan untuk meningkatkan mutu Pendidikan Dasar.
Hal lain adalah untuk menyaring bibit unggul dan berprestasi  dalam bidang-bidang tersebut untuk menjadi duta dalam kompetisi di Tingkat Kota Tangsel; Menjadi delegasi dari UPT Kecamatan Ciputat dalam ajang kompetisi di Tingkat Dinas Pendidikan Kota Tangsel; serta Memotivasi siswa dan guru agar senantiasa meningkatkan kompetensinya supaya menjadi yang terbaik dari yang baik.
    Adapun cabang-cabang lomba yang digelar adalah Lomba Mata Pelajaran (IPS Terpadu dan Bahasa Indonesia), Kreativitas Siswa (Menyanyi Solo lagu “Bunda” karya Melly Goeslaw, Menggambar, Kerajinan Tangan), Olimpiade Sains (IPA, Matematika), Informasi Teknologi (Komputer)—menulis surat, menyimpan file dan membuka kembali, menggambar, dan games---, Siswa berprestasi/teladan, serta Guru berprestasi (TK, dan SD).
    Untuk lomba Siswa Teladan, panitia dan dewan juri menetapkan tahap tes tulis, tes wawancara, persentase berkaitan dengan motivasi dan harapannya sebagai siswa teladan, sekaligus unjuk kemampuan berbahasa Inggris.
    Sedangkan Guru Berprestasi, panitia dan dewan juri menetapkan tahapan yang cukup banyak, mulai dari tes tulis, tes lisan, membuat alat peraga hasil kreativitasnya, membuat makalah yang berhubungan dengan peningkatan mutu pendidikan, membawa portofolio dan penilaian diri sendiri juga penilaian kinerja guru oleh atasan yang bersangkutan, makalah yang dijilid, dan wawancara bahasa Inggris.
    Dalam kegiatan aneka lomba ini, TK Islam Al Syukro dan SD Islam Al Syukro berhasil mencatatkan sejumlah prestasi yang membanggakan. (fdl)