SMP Islam Al Syukro kembali melaksanakan field trip ke sejumlah obyek pengetahuan di sejumlah lokasi untuk menambah wawasan para siswa, khususnya dalam bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya (Sosbud), yang merupakan implementasi dari bidang studi Sains, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
   Dilaksanakan pada Rabu, 27 Oktober 2010, field trip yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Islam Al Syukro ini, menyambangi sejumlah tempat yang sarat dengan ilmu pengetahuan yakni Museum Nasional, Museum Bank Mandiri, dan Planetarium, seluruhnya di Jakarta Pusat.
   Menurut Koordinator Acara, Ibu Loh Ayu Balina Sari SP, field trip yang bertajuk “Love Indonesian Heritage” ini juga bertujuan mendekatkan para siswa untuk lebih merenungi, memahami, dan menghayati ke-Maha Besar-an Allah SWT sebagai Sang Pencipta, yang merupakan implementasi dari pelajaran Agama. “Selain itu, untuk menumbuh-kembangkan kembangkan jiwa setia kawan, kebersamaan, persaudaraan, kemauan berbagi, berempati yang merupakan implementasi dari pelajaran PKn dan Leadership,” tutur Guru Sains ini.
   Kalaulah selama perjalanan studi ini terjadi interaksi yang harmonis antara siswa, guru dan karyawan, menurut Ibu Sari (panggilan akrabnya), itu pun juga merupakan tujuan lain dari field trip. “Yakni, mempererat ukhuwah Islamiyah diantara para siswa, guru dan karyawan yang merupakan implementasi dari pelajaran Leadership dan Agama,” tukasnya.
   Dilanjutkan, usai pelaksanaan field trip, seperti biasanya, para siswa akan ditugaskan untuk membuat Laporan Perjalanan.
    “Misalnya, dalam kunjungan ke Museum Nasional, para siswa ditugaskan untuk mencatat benda-benda koleksi Museum Nasional, minimal 30 benda yang ada. Sekaligus dijabarkan, nama bendanya, fungsinya, asal (tempat ditemukannya), tahun penemuan, berikut fotonya,” jelas Ibu Sari.
   Sedangkan dalam kunjungan ke Musem Bank Mandiri, katanya lagi, hal yang sama ditugaskan kepada para siswa, tetapi minimal hanya 20 benda yang ada saja.
  “Sementara saat berada di Planetarium, para siswa diminta laporannya untuk menuliskan resume tentang sejarah dan fungsi Planetarium, ringkasan materi pertunjukan, dan juga menjelaskan benda-benda angkasa atau gambar-gambar yang ada di Planetarium,” ujarnya seraya menegaskan bahwa Laporan Perjalanan ini dimaksudkan untuk memenuhi Nilai Ulangan mata pelajaran IPS, IPA, Bahasa Indonesia, dan PKn.  (fdl)